Mulai Terbang ke Tanah Air, Tak Ada Karantina Terpusat untuk Jemaah Haji Indonesia

Mulai Terbang ke Tanah Air, Tak Ada Karantina Terpusat untuk Jemaah Haji Indonesia

Jemaah haji Indonesia mulai pulang ke tanah air. FOTO PIXABAY--

MEKKAH, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tidak ada karantina terpusat bagi jemaah haji Indonesia. Mereka yang sehat bisa segera kembali ke daerah masing-masing. 

Proses pemulangan jemaah haji Indonesia dimulai, Jumat 15 Juli 2022. Enam kelompok terbang (kloter) akan diterbangkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. 

Tiba di bandara kedatangan, jemaah haji melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk lelaki perjalanan luar negeri. 

Pengawasan kesehatan meliputi pemeriksaan suhu hingga tanda atau gejala penyakit menular, termasuk Covid-19. 

BACA JUGA: Innalilahi, Dua Jamaah Haji Asal Lampung Berpulang

Menurut Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Budi Sylvana, tidak ada karantina terpisah 21 hari kepada jemaah haji. 

Jemaah diminta mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH). Ini sebagai pegawai kesehatan secara mandiri selama 21 hari ke depan. 

"Jadi, tidak ada karantina. Yang ada adalah pengawasan secara mandiri di daerah masing-masing. Jadi jemaah bisa melakukan aktivitas sebagaimana biasa,” kata Budi Sylvana, di Jeddah, Kamis 14 Juli 2022. 

Jika saat pemeriksaan di bandara ada gejala Covid-19 atau suhu dibatas 37,5 derajat Celcius,  akan dilanjutkan pemeriksaan konfirmasi dengan PCR terhadap jemaah haji. 

BACA JUGA: Innalillahi, 36 Jemaah Haji Indonesia Wafat

Begitu juga untuk jemaah haji yang satu setelah beberapa hari kepulangan. Diminta memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat. 

“Ini sebagai upaya kita melakukan deteksi dini agar tidak terjadi penularan penyakit di Tanah Air,” sebut Budi Sylvana sebagaimana dilansir dari Kemenag.go.id, Jumat 15 Juli 2022. 

Sementara, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi melepas kloter pertama jemaah haji yang diterbangkan ke tanah air, Kamis malam 14 Juli 2022, Waktu Arah Saudi. 

Kolompok pertama, sebanyak 390 jemaah haji tergabung dalam Kloter 1 Embarkasi Solo (SOC).   Diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pukul 05.10 Waktu Arah Saudi, Jumat 15 Juli 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: