Alhamdulillah, 2.705 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, Kemenag Pastikan tak Ada Karantina

Alhamdulillah, 2.705 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, Kemenag Pastikan tak Ada Karantina

Pelepasan jemaah haji indonesia yang akan terbang ke tanah air. FOTO DOKUMEN KEMENAG--

JAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 2.705 jemaah haji Indonesia tiba di tanah air. Mereka tergabung dalam enam kelompok terbang yang melalui empat debarkasi. 

"Hari ini, jumlah jemaah yang telah tiba di tanah air sebanyak 2.705 orang," sebut Plh. Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag Wawan Djunaedi, dalam keterangan di Asrama Haji Pondok Gede, Sabtu 16 Jui 2022. 

Wawan menuturkan, dua kloter tiba di debarkasi Jakarta - Pondok Gede/JKG sebanyak 780 jemaah haji dan debarkasi Padang/PDG 391 orang. 

Lalu satu kloter di debarkasi Solo/SOC sebanyak 359 orang dan dua kloter di debarkasi Surabaya/SUB dengan 898 jemaah haji.

BACA JUGA: Tahap Pertama, Tujuh Kloter Jemaah Haji Pulang ke Indonesia

Menurut Wawan, hari ini menyusul 2.428 jemaah haji dipulangkan ke Indonesia. 

Untuk jemaah haji yang sakit, saat ini ada 112 orang yang menjalani perawatan. Rinciannya, 30 orang di RS Arab Saudi dan sisanya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah. 

Wawan melanjutkan, Kementerian Agama terus melakukan pemantauan terhadap kesehatan jemaah haji yang tiba di tanah air.

Ini dilakukan dengan pemeriksaan suhu badan menggunakan thermal scanner dan thermal gun di bandara internasional masing-masing debarkasi. 

BACA JUGA: Mulai Terbang ke Tanah Air, Tak Ada Karantina Terpusat untuk Jemaah Haji Indonesia

Jika jemaah haji memiliki gejala demam atau potensi penyakit menular, akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan antigen. 

"Pemerintah memastikan, tidak ada karantina setelah kedatangan jemaah. Namun demikian, sekali lagi kami sampaikan, kesehatan merupakan hal paling utama, oleh karena itu tetap memakai masker dengan benar dan cukupkan istirahat," tegas Wawan, sebagaimana dilansir Kemenag.go.id, Sabtu 16 Juli 2022.

Diketahui, pemerintah menyatakan tidak ada karantina terpusat bagi jemaah haji Indonesia. 

Mereka yang sehat bisa segera kembali ke daerah masing-masing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: