Cegah Stunting, Diskes Tanggamus Buat Inovasi Gema Penting

Cegah Stunting, Diskes Tanggamus Buat Inovasi Gema Penting

ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Diskes) menggulirkan program Gema Penting Tanggamus. Yakni Gerakan Bersama Penanganan dan Intervensi Stunting Kabupaten Tanggamus.

Program ini merupakan inovasi guna pencegahan stunting di Kabupaten Tanggamus. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Tanggamus Bambang Sutejo mengungkapkan, tujuan umum program ini untuk mendukung penurunan stunting di kabupaten.     

Kemudian tujuan khususnya meningkatkan pemantauan balita secara lebih optimal.

BACA JUGA: Mendagri Keluarkan Instruksi Perpanjangan PPKM Luar Jawa-Bali, Ini Ketentuannya

Lalu memberikan kemudahan bagi balita dalam mengakses pelayanan kesehatan, terutama dalam penimbangan dan pengukuran setiap bulan.

Selanjutnya, meningkatkan kemampuan kader kesehatan dalam melakukan pengukuran dan penimbangan dengan benar. 

”Meningkatkan monitoring dan evaluasi dalam kegiatan pengukuran dan penimbangan setiap bulan serta

meningkatkan integrasi berbagai inovasi dalam penurunan stunting,” kata Bambang Sutejo mewakili Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Taufik Hidayat, dikonfirmasi Radarlampung.co.id, Selasa 2 Agustus 2022. 

BACA JUGA: Surat Edaran Disdikbud Bandar Lampung Soal PTM dan Online Bisa Pengaruhi Semangat Belajar

Bambang menuturkan, ruang lingkup Gema Penting meliputi berbagai inovasi yang dibentuk tahun 2022, melanjutkan berbagai inovasi yang sudah ada di 2021. 

Langkah lain yang dilakukan Dinas Kesehatan Tanggamus untuk menekan stunting di antaranya melaksanakan peningkatan kapasitas tenaga gizi.

Kemudian melaksanakan peningkatan kapasitas bidan coordinator pelatihan/orientasi komunikasi antar pribadi bagi tenaga kesehatan (bikor, promkes, gizi, sanitasi, perawat).     

Selanjutnya pelatihan atau orientasi kader KPM terkait 1.000 HPK, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita, terlibat aktif dalam tim konvergensi percepatan penurunan stunting kabupaten dalam melaksanakan delapan aksi.

Sumber: