Ini Lima Prioritas Pembangunan Lampung Barat Tahun Depan

Ini Lima Prioritas Pembangunan Lampung Barat Tahun Depan

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menetapkan lima prioritas pembangunan pada tahun 2023. FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Lima bidang menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat pada 2023 mendatang. 

Ini disampaikan dalam paripurna nota pengantar Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2023 di DPRD Lampung brat, Selasa 2 Agustus 2022.

Bupati Parosil Mabsus mengatakan, prioritas pembangunan Lampung Barat tahun 2023 adalah peningkatan pertumbuhan sektor-sektor ekonomi potensial.

Prioritas pertama untuk mendukung kebijakan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya (SDA dan SDM) serta kearifan lokal.

BACA JUGA: Kota Bandar Lampung Kembali Level I, Begini Warning Satgas Covid-19

Prioritas kedua untuk mendukung kebijakan peningkatan jaminan layanan pendidikan dan kesehatan bagi seluruh masyarakat dari segi akses dan mutu.

Kemudian prioritas ketiga, untuk mendukung kebijakan pemantapan infrastruktur, sarana dan prasarana utilitas pada kawasan strategis dan kawasan budidaya. 

Prioritas keempat mendukung kebijakan peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya (SDA dan SDM) dan kearifan lokal.

"Prioritas kelima, untuk mendukung kebijakan pemanfaatan pelaksanaan reformasi birokrasi dan peningkatan efektifitas tata kelola keuangan daerah dan mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman dan tertib dan berbudaya," papar Parosil.

BACA JUGA: Sidak Pasar, Menteri Perdagangan Kaget Ada “Wortel Impor”

Sementara untuk target makro Lampung Barat tahun 2023, laju pertumbuhan ekonomi dengan target lima persen dan gini rasio sebesar 0,269 poin.

Selanjutnya indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 68,95 poin, angka kemiskinan 12,37 persen dan tingkat pengangguran terbuka 2,60 persen. 

Pencapaian target makro pada tahun 2021, untuk laju pertumbuhan ekonomi sebesar 2,58 persen dan indeks gini rasio 0,295 poin.

Kemudian indeks pembangunan manusia mencapai 67,90 poin, angka kemiskinan12,82 persen dan tingkat pengangguran terbuka 2,83 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: