Gubernur Lampung, Komitmen Menjamin Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

Gubernur Lampung, Komitmen Menjamin Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Lampung, --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berkomitmen untuk menjamin dan mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak serta pemberdayaan perempuan.

Hal tersebut sesuai dengan Visi Rakyat Lampung Berjaya dan Misi Nomor tiga, yakni Mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan kaum difabel.

"Atas komitmen ini, Alhamdulillah pada tanggal 23 Juli 2022, Pemerintah Provinsi Lampung memperoleh penghargaan Provinsi Layak Anak (PROVILA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Selain itu, diraih pula penghargaan KLA bagi Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung," Ungkap Arinal, Selasa 2 Agustus 2022.

Hal tersebut disampaikannya, saat membuka acara Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Provinsi Lampung Tahun 2022 sekaligus Penyerahan Piala dan Piagam Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022, di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung.

BACA JUGA:Harga TBS Kelapa Sawit di Mesuji Berangsur Naik

Atas Pencapaian tersebut, Gubernur mengapresiasi terhadap Bupati/Walikota yang sudah mewujudkan KLA dan meraih penghargaan.

Bahkan, Gubernur juga menyerahkan penghargaan / trophy dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI kepada Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan KLA untuk kategori Madya yakni Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah, kemudian Kategori Pratama untuk Kabupaten Pesisir Barat, Mesuji, dan Tulang Bawang Barat.

"Satu hal yang harus diingat bahwa penghargaan adalah sebuah bonus. Karena  yang terpenting kita bisa bekerja maksimal untuk masyarakat, khususnya anak-anak," tutur Gubernur.

Gubernur Arinal Djunaidi juga menyatakan bahwa peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi semua.

BACA JUGA:Komoditas Ini yang Mempengaruhi Kenaikan Inflasi di Lampung

Baik dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Tema Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022 yakni 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju'.

Tema tersebut, menurut Gubernur Arinal sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk mendorong berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung di tengah-tengah masyarakat.

Bahkan, hal ini untuk memastikan anak-anak tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak pada pasca pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: