Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional untuk Penyuluh Pertanian

Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Kendaraan Operasional untuk Penyuluh Pertanian

Bupati Tanggamus Dewi Handajani didampingi Forkopimda menyerahkan bantuan kendaraan operasional roda dua kepada PPL. FOTO EDI HERLIANSYAH/RADARLAMPUNG.CO.ID --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyerahkan bantuan 50 unit kendaraan operasional roda dua kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Terdiri dari motor trail sebanyak 30 unit dan 20 unit motor bebek. 

Bantuan kendaraan operasional diserahkan Dewi Handajani secara simbolis dalam apel siaga penyuluh pertanian se-Tanggamus yang berlangsung di lapangan upacara kompleks pemkab, Kamis 4 Agustus 2022.

Turut hadir pada acara apel siaga PPL, Kajari Yunardi, Kapolres AKBP Satya Widhy Widharyadi, dan Sekkab Tanggamus Hamid H. Lubis.

Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Catur Agus Dewanto, Kepala Disbunnak Dhani Reza Efriansyah, Kepala BKPSDM Aan Derajat, Kepala Dinas PMD Arpin serta para asisten, kepala dinas/instansi, badan dan bagian di Pemkab Tanggamus. 

Menurut Dewi Handajani penyuluh pertanian merupakan ujung tombak di sektor pertanian. 

"Sukses atau tidaknya program pertanian, tergantung dari penyuluh. Karena itu fasilitasi kendaraan operasional sangatlah tepat diberikan kepada para penyuluh pertanian,” kata Dewi Handajani. 

Dewi Handajani mengungkapkan, penyuluh pertanian di Tanggamus mencapai 106 orang. Rinciannya penyuluh PNS 32 orang, penyuluh P3K 73 orang dan THL-TBPP 1 orang.

"Saya berharap pemberian fasilitasi kendaraan operasional ini dapat menambah motivasi dan semangat kerja. Untuk itu diharapkan petugas penyuluh selalu berada di lapangan. Terlebih pada saat petani membutuhkan," harap Dewi Handajani. 

Pada kesempatan itu juga diserahkan bibit untuk pekan THL RATU (Tanggamus Hijau Lestari Rawat Agar Tetap  Utuh), yang merupakan kesepakatan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengan Pemkab  Tanggamus yang diwakili oleh sekretaris kabupaten, pada 

akhir 2021 di BPP Pulau Panggung.

Kegiatan pada pekan THL-RATU yaitu melakukan penanaman pohon di bantaran sungai, yang bertujuan untuk mencegah terjadinya longsor atau erosi dan menjadikan air sungai tidak meluap ke daratan, serta menjaga suhu sungai dapat terjaga sehingga bisa mengalir dengan tenang atau mengikuti tempat yang seharusnya untuk mengalir.

Selanjutnya, terkait bulan Agustus, dalam rangka  menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia akan dilaksanakan  gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih.   

Untuk di Tanggamus, telah dilaksanakan secara simbolis penyerahan bendera merah putih kepada komponen masyarakat. 

Bendera merah putih merupakan salah satu  simbol negara dan alat pemersatu bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: