HUT 77 RI

Waspada! Gaya Hidup Pengaruhi Pola Penyakit

Waspada! Gaya Hidup Pengaruhi Pola Penyakit

--

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit.

Termasuk pada penduduk usia produktif dengan jumlah besar yang seharusnya memberikan kontribusi pada pembangunan, justru akan terancam apabila kesehatannya terganggu.  

"Fakta ini perlu ditindaklanjuti, karena berpotensi menjadi beban yang luar biasa terhadap keuangan negara dan akan menurunkan derajat kesehatan serta harapan hidup masyarakat Indonesia,” tegas Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah melalui Sekretaris Kabupaten Heri Iswahyudisaat membuka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) 2022 di Lapangan Sumber Waras, Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu. 

BACA JUGA: Sadis! Begini Cara Lima Remaja di Lampung Barat Menghabisi Nyawa Rekannya

Saat ini tantangan besar masalah kesehatan yakni triple burden. Karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular, dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi namun muncul kembali. 

Heri Iswahyudi mengharapkan agar masyarakat menjaga kesehatan dan harus dimulai sejak dini. Perilaku sehat juga dapat mencegah berbagai penyakit. 

"Saya berharap Germas dapat berhasil dan sukses dengan didukung serta dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, swasta, dunia usaha, ormas dan seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu,” tegas Heri Iswahyudi.

BACA JUGA: Kasus Pembunuhan Remaja 13 Tahun di Lampung Barat Terungkap, Pelakunya Ternyata

Dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur serta memeriksakan kesehatan secara rutin.

"Di mana, ketiga kegiatan ini dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Dapat dilakukan saat ini juga. Tidak membutuhkan biaya yang besar,” sebut dia. 

Sementara, kegiatan tersebut dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan Pringsewu Sri Prihatin, Kadis Kesehatan dr. Ulinnoha, Camat Pringsewu Moudy Ary Nazolla, Kapolsek Pringsewu Kota Kompol Ansori Samsul Bahri dan pejabat lainnya. 

BACA JUGA: Rilis Webometrics, Universitas Teknokrat Indonesia Peringkat 55 Nasional

Selain disediakan door prize, acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan Dide Irawan (Hijau Daun). (*)

 

Sumber: