Hancur, Kondisi Jalan di Kampung Halaman Gubernur Lampung seperti Kubangan Lumpur

Hancur, Kondisi Jalan di Kampung Halaman Gubernur Lampung seperti Kubangan Lumpur

FOTO HERMANSYAH - Kondisi jalan rusak di Negara Batin, Way Kanan, Lampung. --

WAY KANAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Masyarakat WAY KANAN, khususnya di Kecamatan Negara Batin, kembali mengeluhkan buruknya kondisi jalan yang ada di kampung halaman gubernur Lampung. 

Terutama jalan penghubung antara Kabupaten Way Kanan dan Tulang Bawang Barat sepanjang 12 kilometer (km) yang membentang melalui 5 Kampung di Negara Batin. Yakni Kampung Bumi Jaya, Gisting Jaya, Adi jaya,  Marga Jaya, dan Pemekaran Jaya.

“Jalan ini rusak. Mungkin di waktu perbaikan, diduga tidak dilakukan dengan benar. Juga karena buruknya drainase, serta kerap dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar dan juga kendaraan muatan berat  yang kami duga milik perusahaan-perusahaan  besar. Di sini yang semakin memperparah kondisi jalan yang sudah bertahun-tahun tidak mendapat perhatian pemerintah,” ujar Andre, pemuda setempat. 

Seyogyanya, menurut Andre, Pemerintah Provinsi Lampung selaku pengelola jalan tersebut, segera melakukan perbaikan. Dan, Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Dinas Perhubungan, dapat menertibkan kendaraan-kendaraan  besar yang membawa muatan jauh melebihi kapasitas jalan  yang melaluinya.

BACA JUGA:Pak Polisi, Warga Way Kanan Keluhkan Maraknya Sabung Ayam Nih

Sebab bagaimanapun baiknya perbaikan oleh pemborong, kalau tetap dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar yang membawa muatan melebibihi kekuatan jalan, tetap saja jalan ini segera rusak.

"Kami orang awam saja tahu kalau jalan yang begini ini tidak bisa dilalui oleh kendaraan-kendaraan yang membawa muatan terlalu berat. Apa iya pemerintah tidak tahu? Atau memang ada sesuatu antara pemerintah dengan perusahaan atau ekspedisi yang membawa muatan melebihi kapasitas jalan tersebut? Sehingga walaupun mereka melihat, tetapi seolah olah tidak mengetahui hal itu,” imbuh Andre

Sayangnya, Kepala Dinas Perhubungan Way Kanan Usman Karim tidak dapat dikonfirmasi. Demikian halnya dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Way Kanan Edwin Bavus.   

Sementara, berdasarkan reportase di lapangan, bukan hanya jalan milik pemerintah provinsi dan kabupaten yang ada di Negara Batin rusak parah. Jalan yang ada di Way Tuba, Kasui, Baradatu, dan Banjit pun demikan. Bahkan yang ada di jalur dua ibu kota  Way Kanan, Blambangan Umpu.

BACA JUGA:Ketakutan saat Digeledah Polisi, Tersangka Telan Satu Paket Klip Sabu-Sabu

Khususnya yang berada di depan Pasar Pemda Km 2, depan kantor Kodim 0427 Way Kanan, dan Kantor BPN Way Kanan, kerusakannya juga sangat parah. Namun tidak dilakukan perbaikan oleh pemerintah. Baik oleh pemerintah provinsi maupun Pemkab Way Kanan.

“Ini kan jalan provinsi. Jadi kita tidak bisa menggunakan anggaran Kabupaten Way Kanan memperbaikinya. Paling kita gunakan tambal sulam dengan menggunakan adukan semen. Namun seperti Anda lihat sendiri, jalan ini sudah rusak kembali," ujar salah satu pejabat Way Kanan yang minta namanya tidak ditulis. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: