Tim Dosen Prodi PTP Polinela Edukasi Petani untuk Lebih Ramah Lingkungan

Tim Dosen Prodi PTP Polinela Edukasi Petani untuk Lebih Ramah Lingkungan

FOTO DOK. POLINELA - Tim dosen Prodi PTP Politeknik Negeri Lampung memberikan materi terkait peran agensia hayati lokal, cara mendapatkannya, cara perbanyakan, serta aplikasinya.--

LAMPUNG TENGAH, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Dosen Program Studi (Prodi) Produksi Tanaman Pangan (PTP) Politeknik Negeri Lampung melakukan pendampingan penerapan pengendalian hama dan penyakit dengan agensia hayati yang ramah lingkungan.

Pendampingan diberikan kepada petani organik berkemajuan di Desa Bumiagung, Tegineneng, Pesawaran. Tim dosen Prodi PTP Politeknik Negeri Lampung melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tersebut pada Sabtu 6 Agustus 2022.

Kegiatan ini dilakukan melalui pendampingan kepada petani padi organik dalam mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang lahan sawah organik milik petani. Pendampingan ini sebagai bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Juga sebagai kontribusi Politeknik Negeri Lampung dalam menyebarluaskan teknologi dan informasi ilmu pengetahuan kepada petani padi organik. Terutama yang membutuhkan pendampingan pengendalian hama dan penyakit.

BACA JUGA:Sambut HUT ke-74 Polwan, Srikandi Polwan Polres Tubaba Peringati Kegiatan Police Goes To School

Komunitas petani padi organik berkemajuan melakukan budidaya padi secara organik dengan produk berasnya yang telah tersertifikasi organik. Komunitas petani padi organik berkemajuan yang diketuai oleh Firmanto Gunawan.

Firmanto Gunawan menjelaskan, dalam melakukan budidaya organik tidak terlepas dari adanya kendala. Salah satunya adalah pengendalian hama dan penyakit yang harus ramah lingkungan.

Menurutnya, pengendalian yang dilakukan harus terbebas dari bahan kimia yang dilarang dan tidak meninggalkan residu kimia pada produk beras yang telah disertifikasi organik.

Pengendalian yang dilakukan selama ini masih terbatas karena beberapa anggota dari komunitas juga masih sangat membutuhkan arahan dan pelatihan pengendalian hama dan penyakit yang cocok untuk pertanian organik.

BACA JUGA:Seekor Buaya Air Asin Muncul di Perairan Pesisir Teluk Bandar Lampung, Warga di Imbau untuk Hati-hati


FOTO DOK. POLINELA - Tim dosen Prodi PTP Politeknik Negeri Lampung foto bersama dengan petani padi organik.--

“Adanya pendampingan penerapan pengendalian hayati yang diberikan oleh dosen Politeknik Negeri Lampung sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi beras organik komunitas. Kami berharap masyarakat sekitar juga dapat mengikuti dan beralih ke budidaya organik,” kata Firmanto.

Oleh karena itu, Politeknik Negeri Lampung melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu PKM karena merasa memiliki peran dan tanggung jawab untuk memberikan informasi. Dan transfer teknologi untuk memberikan solusi atas masalah dan kendala yang dihadapi petani padi organik di Desa Bumiagung, Tegineneng.

Kegiatan PKM yang diketuai oleh Lina Budiarti, S.P., M.Si., dan dosen-dosen prodi Produksi Tanaman Pangan, memberikan informasi terkait penerapan pengendalian dengan agensia hayati lokal dalam menjawab permasalahan petani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: