Dapat Penghargaan Dari IRRI, Presiden Jokowi Tegaskan Jamin Ketercukupan Pangan Nasional

Dapat Penghargaan Dari IRRI, Presiden Jokowi Tegaskan Jamin Ketercukupan Pangan Nasional

Pemerintah menjamin ketercukupan pangan nasional. FOTO BPMI SETPRES --

JAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen pemerintah meningkatkan produksi pertanian nasional dalam upaya mengantisipasi ancaman krisis pangan yang tengah melanda sejumlah negara di dunia. 

“Di tengah ancaman krisis pangan di tingkat global, sekali lagi pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan produksi, menjamin ketercukupan pangan di dalam negeri dan sekaligus memberikan kontribusi bagi kecukupan pangan dunia,” ujar Presiden Joko Widodo dalam penyerahan penghargaan dari IRRI kepada pemerintah Indonesia, di Istana Negara, Minggu 14 Agustus 2022.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur di bidang pertanian. Mulai bendungan, embung, hingga jaringan irigasi untuk mendukung peningkatan hasil produksi pertanian nasional. 

Selain infrastruktur, pemerintah memanfaatkan varietas-varietas unggul padi. Kemudian intensifikasi dan ekstensifikas, sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada beras dengan produksi beras surplus selama tiga tahun terakhir.

BACA JUGA: Duh, Susahnya Beli Pertalite di Lampung Utara

Tidak hanya itu. Data Badan Pusat Statistik, stok beras nasional pada April 2022 menjadi yang tertinggi, sebanyak 10,2 juta ton. 

“Inilah yang menyebabkan kenapa pada hari ini diberikan kepada kita sebuah sertifikat bahwa Indonesia dinilai memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan sudah swasembada pangan,” tegas Presien Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi pelaku pertanian dan berbagai pihak yang telah bekerja keras, bersama-sama pemerintah mewujudkan swasembada beras di Indonesia. 

Namun diharapkan petani tidak hanya memproduksi komoditas pertanian yang dikonsumsi masyarakat. Tetapi komoditas yang masuk pasar ekspor.

BACA JUGA: Tercatat Ada Ratusan Korban Robot Trading, Kerugian Capai Rp66 M

“Diversifikasi pangan hati-hati. Kita tidak hanya tergantung pada beras tetapi harus kita mulai untuk jenis-jenis bahan pangan yang lainnya,” tegas Presiden Jokowi dilansir dari presidenri.go.id, Minggu 14 Agustus 2022. 

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada IRRI yang telah memberikan pengakuan terhadap ketangguhan sektor pertanian Indonesia melalui Certificate of Acknowledgement. 

Certificate of Acknowledgement diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal IRRI Jean Balle kepada Presiden Jokowi.

Pada bagian lain, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, penghargaan dari IRRI merupakan kado terbesar HUT Ke-77 Republik Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: