Dapat Penghargaan Dari IRRI, Presiden Jokowi Tegaskan Jamin Ketercukupan Pangan Nasional

Dapat Penghargaan Dari IRRI, Presiden Jokowi Tegaskan Jamin Ketercukupan Pangan Nasional

Pemerintah menjamin ketercukupan pangan nasional. FOTO BPMI SETPRES --

BACA JUGA: Timsus ke Magelang, Telusuri Penyebab Kemarahan Irjen Ferdy Sambo

Syahrul Yasin mengungkapkan, IRRI telah memberikan pengakuan terhadap sistem pertanian dan pangan tangguh serta swasembada beras yang dicapai Indonesia pada 2019-2021.

“Indonesia bahkan telah berhasil membangun berbagai bendungan dan irigasi yang menjadi tolok ukur hadirnya pertanian yang kuat itu,” kata Syahrul Yasin.

Diketahui, ketangguhan sektor pertanian Indonesia diakui oleh Organisasi Pangan dan (FAO) dan Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI).

Terutama bisa bertahan di tengah krisis pandemi dan krisis lain yang menyertainya, serta keberhasilan swasembada beras.

BACA JUGA: IRT di Tulang Bawang Tepergok Bawa Karung Depan Toko, Ternyata Maling

Pengakuan tertuang dalam penyerahan penghargaan untuk Pemerintah Indonesia yang diberikan oleh Direktur Jenderal IRRI Jean Balie, kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Minggu 14 Agustus 2022.

“Alasan utama saya datang jauh-jauh dari Filipina adalah untuk memberikan penghargaan ini kepada Presiden,” kata Jean Balie.

”Karena pada dasarnya Indonesia sudah memiliki tingkat swasembada beras yang cukup tinggi yang menarik dan perlu diakui. Juga alasan lain yaitu keinginan untuk merayakan kerja sama yang langgeng dan sukses antara IRRI dan Indonesia khususnya dalam pengembangan sektor beras,” imbuh Jean Balie. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: