Tolong Pak! Sampah di Balik Bukit tak Diangkut Sampai Bertaburan

Tolong Pak! Sampah di Balik Bukit tak Diangkut Sampai Bertaburan

Tumpukan sampah di Jalan Sersan Sulaiman, Lingkungan Karya Maju, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat bertaburan ke jalan. FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tumpukan sampah di tempat pembuangan sementara, Jalan Sersan Sulaiman, Lingkungan Karya Maju, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat berhamburan hingga ke Jalan.

Pemandangan tersebut selain cukup menganggu dan dikeluhkan oleh pengguna jalan, juga berpotensi mencemari lingkungan. 

Penyebab bertaburannya sampah dari limbah rumah tangga tersebut, diduga karena tidak kunjung diangkut petugas yang menyebabkan penampungan penuh.

BACA JUGA: LPSK Beri Perlindungan, Bharada Richard Eliezer Ditahan Di Sini

"Masalah sampah bertaburan di jalan tersebut sudah sering kali terjadi. Itu karena sampah menggunung dan belum juga diangkut petugas menuju TPA Bahway. Akibatnya tabur karena diacak-acak binatang. Ditambah hujan deras mengguyur, sehingga sampah bertaburan ke jalan," kata Lurah Way Mengaku Yusron, Senin 15 Agustus 2022. 

Menurut dia, pihaknya telah beberapa kali menyampaikan kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terkait permasalahan sampah tersebut. Khususnya agar pemindahan menuju TPA Bahway bisa dilakukan secara rutin.


Tumpukan sampah di Jalan Sersan Sulaiman, Lingkungan Karya Maju, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat bertaburan ke jalan. FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID --

"Kami sudah sering melakukan gotong-royong untuk membersihkan sampah yang berserakan ke jalan dan harapannya DLH lebih rutin lagi memindahkan ke TPA, sehingga tidak sampah menggunung yang berpotensi kembali berserakan," tegasnya.

BACA JUGA: ODGJ Penganiaya Satu Keluarga di Sukabumi Diamankan, Begini Kondisinya

Terpisah, Kepala DLH Lampung Barat Muhammad Henry Faisal merespon terkait dengan sampah berserakan ke jalan tersebut. 

Menurut dia, pihaknya akan segera menindaklanjuti dan menurunkan tim untuk melakukan pembersihan. 

"Segera kami tindaklanjuti," kata Muhammad Henry Faisal.

BACA JUGA: Empat Pamen Ditahan, Kapolda Metro Jaya Beri Arahan Tegas

Menurut dia, terkait permasalahan sampah tersebut, kendala yang ditemui pihaknya adanya keterbatasan sarana dan prasarana. Sehingga pengangkutan sampah menuju TPA Bahway tidak bisa dilakukan setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: