6 Mahasiswa UBL Ikut Program UK–SERP

6 Mahasiswa UBL Ikut Program UK–SERP

Sebanyak 6 (enam) mahasiswa Program Studi Arsitektur, Universitas Bandar Lampung (UBL) mengikuti program pertukaran mahasiswa dari University of Kitakyushu Student Exchange Research Program (UK–SERP). --

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 6 (enam) mahasiswa Program Studi Arsitektur, Universitas Bandar Lampung (UBL) mengikuti program pertukaran mahasiswa dari University of Kitakyushu Student Exchange Research Program (UK–SERP). 

Para mahasiswa ini dilepas langsung Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL), Dr. Ir. M Yusuf Sulfarano Barusman, M.B.A., di gedung Rektorat lantai dua, pada Selasa 16 Agustus 2022.

Diketahui, program studi Arsitekur UBL telah secara rutin mengirimkan mahasiswanya ke Jepang melalui program UK–SERP, sejak tahun 2014 lalu. Sampai saat ini, total sudah ada sebanyak 27 mahasiswa yang mendapatkan manfaat dari program kerja sama antara UBL dan Universitas Kitakyushu, Jepang ini.

Kepada mahasiswanya, Yusuf sempat berpesan untuk ikut mempelajari budaya dan kebiasaan orang–orang Jepang yang disiplin, pekerja keras, efisien serta produktif. Dia juga berpesan agar para mahasiswa tetap menjaga nama baik Almamater yang dibawanya. 

BACA JUGA:Sektor Jasa Keuangan Lampung Tunjukan Kinerja Positif

“Lihat bagaimana sistem pendidikan di sana, ambil sebanyak–banyaknya ilmu dan budaya dari sana yang bisa membangun pribadi kalian. Kemudian tularkanlah ilmu yang kalian dapat kepada teman–teman kalian, lingkungan sekitar, dan implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Yusuf.

Mahasiswa Arsitektur UBL bersama puluhan mahasiswa lainnya dari berbagai negara di Asia akan bergabung dalam tim untuk mengikuti serangkaian kegiatan workshop, perlombaan dan juga konferensi internasional dengan mempresentasikan hasil penelitian yang sudah dilakukan di negara masing-masing. 

Salah satu peserta program UK–SERP, M. Fathur Rizky mengatakan ini merupakan pengalaman program Student Exchange (pertukaran pelajar) pertama yang dia ikuti. Dirinya juga mengaku senang menjadi salah satu yang terpilih untuk mengikuti program ini.

“Alhamdulillah, pastinya sangat senang. Apalagi akan merasakan lingkungan dan budaya baru dan juga akan mendapatkan ilmu arsitektur yang belum pernah saya pelajari di Indonesia. Untuk teman-teman yang ingin ikut dan lolos dalam program ini, selalu berdoa, berusaha dan optimis,” kata Rizky.

BACA JUGA:Waduh! Kasat Narkoba Ditangkap, Sempat Antar 2 Ribu Butir Pil ekstasi

Terpisah, Dosen Pendamping mereka; Haris Murwadi berharap para mahasiswa dapat menggunakan kesempatan baik ini untuk belajar banyak hal dari Jepang.

"Semoga mereka dapat mempelajari banyak hal di Universitas Kitakyushu, Jepang seperti proses desain, budaya belajar, semangat, daya juang serta disiplin yang tinggi,” ucapnya. 

Haris juga menambahkan, program pertukaran pelajar ini telah secara rutin dilakukan UBL. Selama ini, mahasiswa UBL yang dikirim ke universitas tersebut juga dapat mengikuti dengan baik program tersebut serta dapat berinteraksi dengan mahasiswa negara lainnya.

Bahkan, pria yang telah menyelesaikan program S3 di Universitas Kitakyushu, Jepang ini mengatakan, sejumlah mahasiswa yang dikirim ke sana juga berhasil menyabet berbagai penghargaan lomba desain dari kegiatan workhshop dan seminar internasional yang menjadi bagian dari program ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: