Ini Makna Baju Adat Dolomani dari Buton yang Dipakai Presiden Jokowi Saat Upacara HUT RI

Ini Makna Baju Adat Dolomani dari Buton yang Dipakai Presiden Jokowi Saat Upacara HUT RI

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara ketika upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77. (Twitter @jokowi)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpantau selalu memakai baju adat daerah di setiap acara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tahun ini, baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi adalah baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Baju Buton Dolomani yang digunakan oleh Presiden Jokowi itu biasa digunakan oleh Sultan Buton ketika menghadiri sebuah acara atau upacara resmi kesultanan.

Tampak baju adat yang dipakai Jokowi berbentuk kemeja putih tanpa kerah di bagian dalamnya dan bagian luarnya terdapat beskap berwarna merah terang dengan manik-manik berwarna silver.

BACA JUGA:Banner Imbauan Larangan Buang Sampah Sembarangan Bakal Dipasang di Pasar Talang Padang, Tolong Dibaca!

Pada bagian bawahan Jokowi menggunakan celana panjang berwarna senada dengan beskap. Mengenakan sebuah sarung berwarna putih hitam dan sabuk serta sebuah keris yang terselip pada bagian pinggang.

Adapun motif bunga rongo yang menghiasi baju itu memiliki makna atau menggambarkan bagaimana seorang pemimpin meraih posisinya dari bawah, naik jadi pemimpin, lalu bakal turun kembali jadi rakyat biasa.

Sementara ornamen tumbuhan setempat yang dikenal manis namun bisa memicu gatal di mana maknanya adalah bahwa pemimpin harus waspada terhadap bahaya.

Motif kopiah yang dikenakan Presiden Jokowi pun berbentuk motif bunga dan kaligrafi.

BACA JUGA:Potret Way Haru, Rayakan HUT Kemerdekaan di Wilayah yang Belum ‘Merdeka’

Sementara Ibu Negara Iriana Jokowi pun tampak menggunakan pakaian baju adat dari Buton, Sulawesi Tenggara di mana terlihat baju atasan juga bawahannya berwarna biru cerah dengan ornament berwarna emas yang menghiasi permukaan baju.

Tak hanya itu, Iriana pun menggunakan syal berwarna biru emas dengan sapu tangan berwarna senada.

Selain itu, Iriana Jokowi pun menggunakan sebuah mahkota berwarna emas di kepalanya dengan ukuran yang cukup besar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: