Lampung Barat Krisis Dokter Gigi, Diskes Ambil Langkah Ini

Lampung Barat Krisis Dokter Gigi, Diskes Ambil Langkah Ini

ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM --

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.IDDinas Kesehatan (Diskes) Lampung Barat terus mengupayakan adanya penugasan dokter internship, khususnya dokter gigi di kabupaten itu.

Ini dilakukan melalui kerjasama dengan sejumlah universitas di indonesia. Tujuannya mengatasi permasalahan kurangnya tenaga dokter gigi di kabupaten tersebut.

Kepala Dikes Lampung Barat dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, penugasan dokter internship juga sebagai solusi minimnya peminat pada rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi dokter gigi dalam beberapa tahun terakhir.

”Berbagai upaya telah kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan dokter gigi. Namun hingga saat ini belum ada yang mendaftarkan diri,” kata dr. Widyatmoko  Kurniawan, Sp.B.

BACA JUGA: Plt. Rektor Segera Ganti Wakil Rektor I dan Dekan FKIP

”Kita sudah membuka penerimaan dokter gigi pada CPNS tahun lalu. Tidak ada yang minat untuk daftar. Bahkan tahun sebelumnya juga begitu. Kita tidak tahu kenapa enggak ada yang daftar," imbuhnya.

Dilanjutkan, dokter gigi yang ada di Lampung Barat masih sangat kurang. Bahkan tidak semua puskesmas pada 15 kecamatan memiliki dokter gigi. 

Sementara untuk dokter umum, semua puskesmas mempunyai tenaga kesehatan masing-masing.

Dalam memaksimalkan program tersebut, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah universitas yang ada di Indonesia.

BACA JUGA: Plt. Rektor Unila Evaluasi Menyeluruh, Bagaimana Nasib Mahasiswa Jalur Mandiri?

Sekaligus ajang promosi mengenalkan Lampung Barat ke daerah luar guna menarik minat para dokter gigi agar mau bertugas wilayah itu.

"Dengan cara-cara seperti ini, harapan kita agar ke depan ada mahasiswa kedokteran, khususnya dokter gigi dari berbagai universitas mau bertugas di sini,” tandasnya.

Diketahui, sebanyak 165 peserta dinyatakan lulus seleksi CPNS Lampung Barat formasi tahun 2019. Hal itu sesuai dengan pengumuman bersama seleksi CPNS Pemerintah Provinsi Lampung dan pemerintah kabupaten/kota, Jumat (30/10)

“Kita telah mengumumkan hasil seleksi CPNS formasi 2019 hari ini melalui website http://www.lampungbaratkab.go.id," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lambar Ahmad Hikami, Jumat 30 Oktober 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: