Sebanyak 4.500 Hewan Ternak di Tanggamus Telah Divaksin PMK

Sebanyak 4.500 Hewan Ternak di Tanggamus Telah Divaksin PMK

Petugas vaksinator dari Bidang Keswan sedang melakukan vaksinasi PMK pada hewan ternak kerbau. FOTO DOKUMEN DISBUNNAK TANGGAMUS --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Hingga saat ini hewan ternak yang telah mendapat vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) di Tanggamus mencapai 4.500 ekor. 

Terdiri dari vaksin pertama sebanyak 3.500 dosis dan vaksin kedua atau booster sejumlah 1.000 dosis. 

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Ari Priyanto ketika dikonfirmasi Radarlampung.co.id,  Selasa 23 Agustus 2022 mengatakan, saat ini tim kesehatan Hewan (Keswan) Disbunnak masih menunggu kiriman vaksin dari provinsi. 

”Di mana, giat vaksinasi PMK masih di seputaran wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Pulau Panggung, Pugung dan Semaka,” terang drh. Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Tanggamus Dhani Reza Efriansyah.

BACA JUGA: KPK Geledah Gedung Fakultas Kedokteran Unila

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus mulai melakukan vaksinasi PMK dosis kedua atau booster untuk ternak di wilayah kerja Puskeswan Kotaagung, Senin 1 Agustus 2022.

Vaksinasi PMK dosis kedua atau booster meliputi Kecamatan Gisting, Kotaagung, Kotaagung Barat dan Kecamatan Kotaagung Timur. 

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) drh . Ari Priyanto mengatakan, vaksinasi ternak mencapai 1.000 dosis. 

Selanjutnya 500 dosis untuk vaksin pertama hewan ternak di wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Semaka. ”Meliputi Wonosobo, Bandar Negeri Semuong, Semaka dan Kecamatan Pematang Sawa,” kata drh. Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Tanggamus, Dhani Reza Efriansyah.

BACA JUGA: Hari Pertama Bertugas, Plt Rektor Unila Gelar Rapat

Diterangkan, dari giat vaksinasi hingga saat ini, hewan ternak yang telah divaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) berjumlah 3.000 ekor.

”Terdiri dari ternak sapi sebanyak 2.922 ekor dan kerbau sebanyak 78 ekor,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, hingga Selasa 26 Juli 2022, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus terus melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Seperti di wilayah kerja Puskeswan Kecamatan Bulok yang meliputi Limau, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: