Terkena Dugaan Kekerasan, Asosiasi Sutradara Indonesia Keluarkan Andibachtiar Yusuf

Terkena Dugaan Kekerasan, Asosiasi Sutradara Indonesia Keluarkan Andibachtiar Yusuf

Tanggapan resmi Indonesian Film Directors Club (IFDC) terkait dugaan kekerasan yang dilakukan oleh sutradara.--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Buntut dari kasus dugaan kekerasan yang dilakukan oleh sutradara bernama Andibachtiar Yusuf, pada salah satu talent coordinator, Berdampak pada putusan mengeluarkan Andibachtiar Yusuf dari keanggotaan Indonesian Film Director Club (IFDC).

Kejadian itu, berawal dari pengakuan casting director sekaligus talent coordinator, Juandini Liesmita pada 31 Agustus 2022 lalu.

Juandini melalui instastory akun @juandini, mengungkapkan kekerasan fisik serta verbal dilakukan oleh sang sutradara kepada korban berinisial C.

Publik yang awalnya sempat dibuat bingung, akhirnya mengerucutkan dugaan pada sosok sutradara Andibachtiar Yusuf.

BACA JUGA:Cegah Penimbunan BBM, Polres Mesuji Awasi SPBU

Dugaan tindakan kekerasan itu muncul, karena setelah Rumah Produksi Paragon Pictures membuat pernyataan terbuka melalui akun resmi Instagram @paragonpictures.id.

Di saat yang bersamaan, Rumah Produksi Paragon Pictures baru saja merampungkan proses syuting untuk serial ‘Catatan Akhir Sekolah.

Di pihak lain, Indonesian Film Directors Club (IFDC), yang merupakan asosiasi sutradara Indonesia, di mana memiliki puluhan sutradara aktif yang tergabung di dalamnya.

Sebut saja Angga Dwimas Sasongko, Ernest Prakasa, Joko Anar, Upi, Azhar Kinoi Lubis, dan masih banyak lagi sutradara aktif yang tergabung dalam IFDC.

BACA JUGA:Istri Mantan Perdana Menteri Malaysia Dihukum 20 Tahun Penjara

Pihak Indonesian Film Directors Club (IFDC), turut menanggapi kasus dugaan kekerasan yang dilakukan oleh salah satu sutradara yang mengerucut pada nama Andibachtiar Yusuf.

Benar saja, dalam tanggapan resmi IFDC, nama sutradara Andibachtiar Yusuf tertulis dalam tanggapan tersebut.

“IFDC menolak segala bentuk kekerasan kerja dalam proses bekerja dan dalam peran sutradara di ekosistem perfilman Indonesia. Kami bersimpati dan berpihak pada korban serta mendukung proses yang dipilihnya,”tulis IFDC dalam tanggapan resmi mereka melalui akun resmi Instagram @ifdclub, pada Jumat 2 September 2022

“Karena itu, setelah melakukan penilaian menyeluruh atas kasus kekerasan yang beredar melalui akun instagram @juandini, kami menyatakan telah mengeluarkan saudara Andibachtiar Yusuf dari keanggotaan IFDC serta memberikan saran agar yang bersangkutan melakukan asesmen psikologi diri dan konseling di lembaga seperti Yayasan Pulih,”lanjut IFDC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: