Harga BBM Naik dan Masyarakat Miskin Dapat BLT Rp 600 Ribu, tapi Dinas Sosial Masih Tunggu Ini

Harga BBM Naik dan Masyarakat Miskin Dapat BLT Rp 600 Ribu, tapi Dinas Sosial Masih Tunggu Ini

Presiden RI Joko Widodo berikan keterangan ke awak media usai bagikan secara simbolis bantuan langsung tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) ke masyarakat Lampung. (Rima/Radarlampung.co.id)--

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) masih menunggu bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari Pemerintah Pusat melalui program Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Pesisir Barat Agus Triyadi melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dyka Feriansyah mengatakan, bansos BLT BBM akan diberikan untuk masyarakat miskin atau kurang mampu itu, sebagai upaya pemerintah. Dalam rangka menjaga daya beli masyarakat. Sebagai antisipasi dampak dari kenaikan harga BBM.

“Bansos BLT BBM itu akan disalurkan untuk empat bulan mulai September hingga Desember 2022 ini. Dengan nilai bantuan sebesar Rp 150 ribu per bulan untuk setiap KPM,” katanya, Minggu 4 September 2022.

Sehingga, total BLT BBM yang akan diterima oleh KPM itu sebesar Rp 600 ribu. Pencairannya dilakukan secara bertahap. Setiap tahap pencairan sebesar Rp 300 ribu atau untuk dua bulan. Penyaluran bansos BLT BBM melalui kantor Pos.

BACA JUGA:Dua Bandar Togel di Lampung Utara Digulung Polisi

Karena itu, Pemkab Pesisir Barat melalui Dinas Sosial juga masih menunggu surat dari Kementerian Sosial (Kemensos) mengenai bansos BLT BBM tersebut. 

“Kita juga akan koordinasi dengan pihak Kantor Pos. Baik yang ada di Pesisir Barat maupun di Pemerintah Provinsi. Sembari menunggu jumlah data KPM BLT BBM untuk di Kabupaten Pesisir Barat ini,” jelasnya.

Karena, kata dia, untuk jumlah KPM BLT BBM itu langsung dari Pemerintah Pusat melalui kementerian terkait. Sehingga, sampai saat ini, pihaknya juga belum mengetahui secara pasti berapa jumlah KPM di Pesisir Barat yang akan menerima BLT BBM tersebut.

Dia berharap, penyalurannya tidak terkendala dan berjalan lancar. Terlebih penyaluran BLT BBM itu akan dilaksanakan melalui Kantor Pos. 

BACA JUGA:Mantap, Pemkot Metro Berikan Pendampingan Hukum Bagi Anak yang Terlibat Masalah Hukum

“Begitu juga dengan masyarakat yang akan masuk dalam data KPM BLT BBM diharapkan benar-benar tepat sasaran. Kita juga tentu akan koordinasi dengan semua pihak terkait mengenai KPM di Pesisir Barat yang akan mendapat BLT BBM,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: