Pemprov Terus Berupaya Keras agar Capai Zero Case dalam Kasus PMK

Pemprov Terus Berupaya Keras agar Capai Zero Case dalam Kasus PMK

Bimtek Penanganan PMK di Provinsi Lampung, Pemprov Terus Berupaya Keras agar Capai Zero Case dalam Kasus PMK-Biro Adpim Pemprov Lampung-

Hal tersebut dikarenakan Lampung merupakan salah satu Provinsi dengan kasus PMK rendah yang terlaporkan di Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS) dan termasuk 5 besar Lumbung Ternak Nasional yang mensuplay ternak untuk Jabodetabek dan sebagian besar wilayah Sumatera. 

Perlu diketahui, saat ini Populasi Ternak di Provinsi Lampung tahun 2021 yaitu sapi dan kerbau 860.951 ekor (peringkat 7 Nasional dan peringkat 2 di Sumatera), kambing/domba 1.700.660 ekor (peringkat 3 Nasional, Nomor 1 di Sumatera) serta babi 40.213 ekor, Unggas  Pedaging 94,25 juta ekor (peringkat 7 Nasional) dan Unggas Petelur 13,23 juta ekor (Peringkat 10 Nasional).  

Provinsi Lampung juga mensuplay komoditas peternakan ke Wilayah Jabodetabek dan sebagian wilayah Sumatera, untuk sapi mensuplay 60% kebutuhan Jabodetabek, bahkan untuk wilayah Sumatera seperti Bangka Belitung 95% kebutuhan ternak di suplay dari Lampung. 

Kusnardi mengajak semua pihak terkait untuk bersama-sama menjadikan Provinsi Lampung sebagai Lumbung Ternak Nasional sebagai wujud visi dan misi Gubernur Lampung dalam mewujudkan masyarakat Lampung Berjaya dan Provinsi Lampung berkomitmen mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional. 

BACA JUGA:Liz Truss Terpilih Sebagai PM Inggris Jadi Momen Ridwan Kamil 'Promosi' Cendol

"PMK perlu kita sikapi dan kita cermati secara bijak agar tidak menimbulkan dampak ekonomi yang lebih besar dan kepanikan di masyarakat. Kita akan bangun suasana sekondusif mungkin terutama bagi peternak kita," pungkasnya. 

Ia mengimbau kepada para peserta bimtek untuk lebih intens dan pro aktif selama bimtek berlangsung mengingat pentinya keselarasan langkah antara SatGas Pusat, SatGas Provinsi dan Kabupaten Kota, serta Stake Holder terkait dalam Penanganan dan Pengendalian PMK di Provinsi Lampung. 

"Marilah kita bersama-sama bahu membahu meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam penanganan PMK di Provinsi Lampung sehingga Masyarakat Lampung Berjaya di sektor Peternakan dapat tercapai," tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: