Balitbangda Lampung Tunjuk UTI Jadi Tuan Rumah Lomba Inovasi Daerah

Balitbangda Lampung Tunjuk UTI Jadi Tuan Rumah Lomba Inovasi Daerah

FOTO HUMAS UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDUniversitas Teknokrat Indonesia (UTI) menjadi tuan rumah lomba inovasi daerah tahap seleksi presentasi final yang digelar Balitbangda Lampung di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM Nasrullah Yusuf, S.E., MBA, Rabu 14 September 2022.

Dalam sambutannya, Kepala Balitbangda Lampung Hamartoni Ahadis mengatakan, lomba ini bertujuan memberikan ruang kepada semua peneliti dan periset di daerah agar mampu mengembangkan teknologi yang mudah diterapkan di masyarakat.

Selain itu, lomba berbasis digital karena dinilai lebih memudahkan masyarakat dan mengimplementasikan teknologi tersebut. 

Atas dasar itu, tema besar tahun ini adalah inovasi implementatif integratif dan berbasis digital demi Lampung Berjaya.

BACA JUGA: Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Dialog Dengan Anggota DPRD Bandar Lampung

Hamartoni mengatakan, pihaknya membuka ruang yang luas untuk kreasi anak bangsa khususnya dari Lampung. Mereka bisa berasal dari pelajar, mahasiswa, bahkan aparatur sipil negara.

Hamartoni mengatakan, ia memang punya impian agar ASN bisa juga melakukan riset dan pengembangan untuk teknologi terapan yang mudah diaplikasikan.

Ia meyakini, ASN di Lampung cukup mempunyai kompetensi merancang gagasan inovatif itu. Ia juga mendorong agar pengembangan teknologi memang berbasis digital.

“Sekarang sudah tidak masanya lagi yang manual. Kita mesti adaptif juga dengan teknologi. Harapan kami lomba inovasi daerah ini bisa memicu adanya ide baru yang implementasinya mudah digunakan masyarakat,” tegasnya.

BACA JUGA: Tim Universitas Teknokrat Indonesia Implementasikan Sistem Kandang Sapi Cerdas Berbasis IoT

Ia mengungkapkan, memang membutuhkan biaya yang cukup besar jika hasil inovasi ini hendak dikembangkan dalam skala lebih luas. 

Karena itu, ia juga mendorong ada sinergi dari banyak pihak agar temuan-temuan teknologi ini ke depan bisa dibuat dengan kuantitas lebih banyak lagi.

“Ini juga peran media massa. Dengan pemberitaan media massa, banyak pihak yang tahu ternyata potensi dari Lampung ini tinggi. Harapan kami dari sini akan terwujud kolaborasi dan sinergi. Sehingga, inovasi dalam lomba ini ke depan memang bisa diproduksi lebih banyak dan pemanfaatannya bisa lebih luas,” kata Hamartoni.

Sementara, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, S.E., MBA dalam sambutan yang dibacakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Muhammad Najib Dwi Satria, S.Kom., MT mengatakan, pihaknya senang bisa menjadi tuan rumah perhelatan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: