Lepas 1 Juta Benih Ikan, Gubernur Lampung Minta Masyarakat Jaga Kelestarian Way Tulang Bawang

Lepas 1 Juta Benih Ikan, Gubernur Lampung Minta Masyarakat Jaga Kelestarian Way Tulang Bawang

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melihat tempat penebaran benih ikan usai tiba di lokasi. (Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id)--

RADARLAMPUNG.CO.IDGubernur Lampung Arinal Djunaidi melepas satu juta benih ikan endemik di Sempadan Sungai Cakat Nyenyek, Kecamatan Menggala Timur, Tulang Bawang, Rabu 28 September 2022.

Saat pelepasan ini, gubernur meminta masyarakat untuk menjaga kelestarian Way Tulang Bawang agar kelak dapat meningkatkan kesejahteraan.

Adapun beberapa jenis benih ikan yang dilepas adalah ikan baung, belida, jelabat, nila, bandeng, dan lainnya.

Selain difokuskan di wilayah Cakat Raya, pelepasan benih ikan juga dilakukan di dermaga perikanan kecamatan Dente Teladas. 

BACA JUGA:Gaji Aman, Winarti Harap PPPK Cetak Generasi Penerus yang Hebat

Ikan-ikan endemik air tawar tersebut merupakan bantuan Gubernur Lampung, Anggota Komisi IV Hanan A Rozak, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta stakeholder terkait lainnya.

"Ikan merupakan kebanggaan masyarakat lampung dan sumatera bagian selatan pada umumnya. Terkhusus ikan endemik air tawar seperti belida, jelabat, baung dan lainnya harus terus kita lestarikan," kata Arinal.

Ia menjelaskan, saat ini sebagian besar masyarakat lebih banyak memanfaatkan keberadaan ikan endemik air tawar untuk dikonsumsi atau diperjualbelikan. Namun ia jarang menemukan upaya untuk membudidayakannya. 

Sehingga, lanjut Arinal, keberadaan ikan endemik air tawar lebih cenderung untuk punah daripada berkembang biak. 

BACA JUGA:3 Kali Setubuhi Siswi Kelas 1 SMP, Buruh Asal Tulang Bawang Diciduk Polisi

Menurutnya, Way Tulang Bawang merupakan sungai yang memiliki sejarah panjang di Lampung. Way Tulang Bawang sejak dahulu merupakan tempat berkembang biak ikan endemik air tawar.

Namun demikian, saat ini kondisi Way Tulang Bawang sudah semakin dangkal. Ikan endemik air tawar pun semakin sulit didapatkan.

Arinal mengungkapkan, Pemprov Lampung telah melakukan beberapa upaya untuk melestarikan sungai-sungai di lampung, khususnya Way Tulang Bawang. 

Pemerintah telah memulai program normalisasi. Selain itu, program penebaran benih ikan juga telah dilakukan secara bertahap sejak ia menjabat sebagai gubernur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: