Guru Mengabdi Dilepas ke Empat Kabupaten, Ini yang Disasar

Guru Mengabdi Dilepas ke Empat Kabupaten, Ini yang Disasar

Suasana keberangkatan 121 guru yang ikut program guru mengabdi yang hendak menuju, Way Kanan, Mesuji, Lampung Barat, dan Pesisir Barat, Minggu 2 Oktober 2022--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tindaklanjut janji kerja Gubernur Lampung terkait smart school, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdukbud) setempat gulirkan Program Guru Mengabdi Lampung Berjaya, pada Minggu 2 Oktober 2022.

Sebanyak, 121 guru SMA dari empat kabupaten/kota, yakni Bandar Lampung  Metro, Pringsewu, dan Pesawaran, diturunkan ke 40 SMA di empat daerah. Diantaranya, Mesuji, Way Kanan, Lampung Barat, dan Pesisir Barat.

Kepala Disdikbud Provinsi Lampung, Sulpakar mengatakan, salah satu hal yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah pendidiknya.

Pada pendidikan formal, peran ini akan sangat bergantung pada seorang pendidik, dalam hal ini adalah guru.

BACA JUGA:AYO BELAJAR!

Menurutnya, kegiatan guru bukan sekadar membuat rancangan pembelajaran yang biasa saja. Namun, harus mampu menyiapkan metode dan model pembelajaran dengan baik.

Kemudian, menyiapkan alat peraga untuk menunjang terciptanya proses belajar mengajar yang ideal.

Dewasa ini, kata Sulpakar, untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang ideal masih menjadi sebuah permasalahan yang dihadapi oleh seorang guru.

Lanjut Sulpakar, salah satu langkah untuk meningkatkan mutu sekolah di Provinsi Lampung secara merata adalah menambah jumlah guru profesional dalam bidang akademik, kepribadian, dan sosial.

BACA JUGA:BRI Sampaikan Belasungkawa Kepada Korban dan Sesalkan Insiden Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Untuk menambah guru profesional itu, lanjut Sulpakar, Disikbud, memiliki Program Guru Mengabdi.

Program ini merupakan rangkaian dari kegiatan guru magang. Dimana guru magang telah sampai angkatan ketiga. Sedangkan guru mengabdi ini angkatan pertama.

Sebanyak 121 guru SMA yang ikut program guru mengabdi ini diambil dari guru-guru berprestasi dari empat kabupaten/kota, yaitu Bandar Lampung, Metro, Pringsewu, dan Pesawaran.

Ada sebagain guru penggerak yang ikut. Mereka memiliki kemampuan untuk menjadi pembimbing bagi guru-guru didaerah yang dituju, yaitu Mesuji, Way Kanan, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: