Prediksi BMKG Tiga Hari Kedepan Potensi Hujan Lebat, Polresta dan BPBD Siaga Bencana

Prediksi BMKG Tiga Hari Kedepan Potensi Hujan Lebat, Polresta dan BPBD Siaga Bencana

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengeluarkan peringatan dini Waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Tanggamus, Pesibar, Lambar, Pesawaran, Lamteng, Lamtim, Lamsel dan Balam pada siang--

BANDAR LAMPUNG , RADAR LAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung memprediksi bakal hujan lebat di Berbagai Wilayah Lampung sejak Senin 10 Oktober 2022 pukul 07.00 WIB hingga Kamis 13 Oktober 2022 pukul 07.00 WIB.

Koodinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Harianto menyampaikan bahwa Wilayah Provinsi Lampung pada Oktober 2022 sudah memasuki masa pancaroba.

Yakni, masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrim yang akan meningkat intensitasnya.

"Karena karakteristik masa pancaroba itu hujannya sifatnya lokal dan turunnya mendadak dengan intensitas lebat tetapi durasinya tidak lama, biasanya sebelum hujan disertai angin kencang dan petir dan juga sangat mungkin terjadi puting beliung, dan apabila panas juga akan panas sekali," kata Rudi pada hari Senin , 10 Oktober 2022.

Untuk Prakiraan Cuaca pada 10 Oktober 2022 yakni Untuk Pagi hari yakni diprakirakan cerah hingga cerah berawan dan berpotensi hujan lokal di wilayah wilayah Pesawaran, Balam, Lamsel dan Pesibar.

Siang-sore hari yakni diprakirakan cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan lokal di wilayah Lambar, Pesibar, Tanggamus, Pesibar, Pesawaran dan Bandar Lampung.

Malam hari diperkirakan cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan lokal di wilayah Mesuji, Tuba, Pesibar dan Pesawaran.

Dini hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan lokal di wilayah Pesibar, Tanggamus, P:esawaran dan Balam.

Suhu udara : 16,0 °C – 33,0 °C. Kelembapan udara : 58 – 98 persen. Angin : Tenggara – Selatan dengan kecepatan 03 – 15 knots (5 - 28 Km/Jam).

"Peringatan Dini untuk Waspada potensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Tanggamus, Pesibar, Lambar, Pesawaran, Lamteng, Lamtim, Lamsel dan Bandar Lampung pada siang dan sore hari," kata Rudi.

Rudi juga melanjutkan bahwa beberapa daerah perlu diwaspadai berpotensi hujan lebat wilayah Lampung dari berlaku Selasa 11 Oktober 2022 pukul 07.00 wib hingga Rabu 12 Oktober 2022 pukul 07.00 wib khususnya wilayah Lampung Timur. 

Sementara untuk Rabu 12 Oktober 2022 pukul 07.00 wib hingga Kamis 13 Oktober 2022 pukul 07.00 wib khususnya Kabupaten Tanggamus dan Pesisir Barat.

Rudi juga menginformasikan bahwa dampak yang bakal ditimbulkan dari dampak hujan lebat yakni Jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, volume aliran sungai meningkat / banjir serta Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Untuk itu, Rudi menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat untuk berhati hati jika beraktifitas diluar rumah, memperbaharui informasi melalui media massa maupun media sosial,mencari informasi melalui pihak pihak terkait kebencanaan,tidak beraktifitas diluar rumah jika tidak mendesak dan berkoodinasi dengan pihak pihak terkait kebencanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: