Di Tubaba, Vaksin PMK Sudah Capai 13 Ribu Ternak

Di Tubaba, Vaksin PMK Sudah Capai 13 Ribu Ternak

FOTO DOK.DKPP PESBAR - DKPP Pesbar saat melakukan vaksinasi sekaligus pemeriksaan terhadap hewan ternak sebagai antisipasi PMK. --

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 13 ribu ekor ternak sapi di Kabupaten Tulangbawang Barat (TUBABA) Lampung, telah dilakukan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten setempat.

Penegasan itu disampaikan Kepala Disnakkeswan Tubaba, drh. Nazaruddin, didampingi Kabid Keswan dan Kesmavet, Sanjaya, dan Fungsional Medik Veteriner Muda, Irwan Sutrisno, Senin 10 September 2022.

BACA JUGA:Prediksi BMKG Tiga Hari Kedepan Potensi Hujan Lebat, Polresta dan BPBD Siaga Bencana

Menurutnya, Disnakkeswan Tubaba terus melakukan percepatan vaksinasi PMK pada hewan ternak khususnya sapi. Dari total populasi sapi sekitar 26 ribu ekor per hari ini, sebanyak 13 ribu ekor sapi telah dilakukan suntik vaksin

"Sebanyak 13 ribu ekor telah diberikan vaksin untuk dosis pertama, dan untuk vaksin dosis kedua sudah mencapai 8 ribu ekor," kata Irwan.  

BACA JUGA:Sepi Pembeli

Lebih lanjut Irwan mengatakan, upaya percepatan vaksinasi PMK Pemerintah Pusat melalui provinsi kembali menggulirkan 4 ribu dosis.

Vaksinasi pertama untuk Kabupaten Tubaba agar disalurkan kembali kepada ternak yang belum mendapatkan vaksin.

BACA JUGA:Ternyata Sesosok Mayat Pria yang Ditemukan di Pinggir Pantai Merupakan ABK

Kemudian, rencananya dua minggu lagi akan datang lagi 5 ribu dosis vaksin kedua. Seperti diketahui, Vaksinasi PMK ini diberikan 3 kali masing-masing ternak, dengan jarak waktu vaksin dosis pertama dan kedua adalah sebulan dan dari dosis kedua ke dosis ketiga yaitu enam bulan.

"Vaksinasi akan terus kita lakukan sampai semua populasi ternak sapi mendapatkan vaksin. Setelah itu, kemungkinan akan dilanjutkan untuk ternak Kerbau," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: