Banjir Bandang di Pesisir Barat, Masjid dan Rumah Terdampak

Banjir Bandang di Pesisir Barat, Masjid dan Rumah Terdampak

Banjir bandang akibat luapan sungai Way Tembakak, Kecamatan Karya Penggawa, Senin 17 Oktober 2022. FOTO DOKUMEN WARGA --

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Meluapnya sungai Way Tembakak menyebabkan banjir bandang di Pekon Tembakak Waysindi, Kecamatan Karya Penggawa, Pesisir Barat (Pesbar), Senin sore, 17 Oktober 2022.  

Kasi Pelayanan Rusdi Efendi mewakili Peratin Tembakak Waysindi Yuzwardi mengatakan, curah hujan yang tinggi berdampak pada meningkatnya debit air Way Tembakak. 

"Banjir bandang menghanyutkan toilet dan tempat wudhu masjid serta merusak dua rumah warga atas nama Ferdian," kata Rusdi Efendi.

Rusdi Efendi menuturkan, selain merusak masjid dan dua rumah warga, banjir bandang juga menghanyutkan dua jukung fiber milik nelayan di pekon tersebut.

BACA JUGA: Kendalikan Ganja 75 Kg, Napi Lapas Rajabasa Divonis 20 Tahun

"Sebanyak dua jukung juga hanyut terbawa banjir bandang. Satu jukung berhasil diselamatkan dan satu lagi masih terbawa arus hingga ke tengah laut," sebut dia.

Pihaknya berharap, Pemkab Pesisir Barat bisa turun tangan menangani bencana alam yang terjadi. 

Terlebih banyak perlengkapan di dua rumah yang terdampak, hanyut terbawa sungai.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab Pesbar agar ada upaya penanggulangan. Sekarang kondisi aliran sungai perlahan surut," ujarnya. 

BACA JUGA: Kebakaran di SMPN Satu Atap Pringsewu Sebabkan Kerugian Ratusan Juta

Sebelumnya, banjir merendam pemukiman di Pekon Sukabanjar, Kecamatan Ngambur, Pesisir Barat, Jumat 14 Oktober 2022. 

Menurut Peratin Sukabanjar Sumarno, banjir terjadi di sekitar sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI)  serta pemukiman Pemangku Siring Balak Bawah.

Wilayah yang terdampak banjir tersebut memang dekat dengan hulu sungai Way Muara Tembulih. 

"Ketinggian air tersebut sekitar 1,5 meter. Selain sekolah, ada sekitar 25 rumah warga di wilayah ini juga yang terendam," sebut Sumarno. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: