Dosen ITERA kembangkan Sistem Informasi Observatorium Astronomi untuk ITERA dan Masyarakat

Dosen ITERA kembangkan Sistem Informasi Observatorium Astronomi untuk ITERA dan Masyarakat

FOTO Tim PKM Dosen ITERA : Suasana Pengabdian Tim PKM Dosen ITERA tentang Sistem Informasi Observatorium Astronomi untuk ITERA dan masyarakat.--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Dosen Institut Teknologi Sumatera (ITERA) telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Unit Pelaksana Teknis Observatorium Astronomi ITERA Lampung (UPT OAIL) pada pertengahan tahun 2022.

Adapun Tim Dosen Itera melakukan PkM antara lain, Eko Dwi Nugroho, M.Cs. (Ketua Tim) bersama Enam Anggota Tim diantaranya

Aidil Afriansyah, M.Kom, Radinka Bagaskara, M.Si , Miranti Verdiana, M.Si, Winda Yulita, M.Cs, M. Habib Al Ghifari, M.TI, dan Mugi Praseptiawan, M.Kom.

Ketua Tim Dosen PKM Itera, Eko Dwi Nugroho, M.Cs menyampaikannya Kegiatan PkM dengan aplikasi yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi fasilitator kepada masyarakat terkait perkembangan astronomi.

Perwakilan Anggota Tim Dosen PKM ITERA, Aidil Afriansyah, M.Kom mengatakan Sistem informasi OAIL bisa digunakan oleh pengguna umum dan pengelola UPT OAIL menyimpan dan pengamatan keadaan astronomi yang diambil dari database secara real time. 

Lebih rinci, Aidil juga menyampaikan bahwa Aplikasi Sistem Informasi Observatorium Astronomi tersebut juga dilengkapi dengan server sebagai penyedia layanan informasi OAIL yang menyediakan database hasil pengamatan keadaan astronomi. "Aplikasi Sistem Informasi Observatorium Astronomi yang dikembangkan akan terus diperbaiki sesuai dengan kebutuhan masyarakat," tambahnya pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Dibagian lain, Kepala UPT OAIL, Dr. Hakim L. Malasan mengatakan dengan adanya Sistem Informasi Observatorium Astronomi diharapkan dapat memberikan informasi ke masyarakat terkait fenomena alam yang di dokumentasikan oleh UPT OAIL. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: