Iklan Bos Aca Header Detail

Tinjau Lokasi Bencana Banjir, Bupati Tanggamus Ingatkan untuk Memelihara Kelestarian Hutan

Tinjau Lokasi Bencana Banjir, Bupati Tanggamus Ingatkan untuk Memelihara Kelestarian Hutan

Bupati Tanggamus tinjau lokasi bencana banjir. (foto dok radarlampung.co.id) --

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Tanggamus, Provinsi Lampung, Dewi Handajani, meninjau langsung lokasi bencana banjir dua titik di Kecamatan Wonosobo. 

Ikut mendampingi bupati, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus Edian M Toha, Camat Wonosobo Edy Fachrurozi , Kepala Pekon (Desa) Karang Anyar, dan Kepala Pekon Bandar Kejadian.

Mengawali kegiatannya, bupati Tanggamus meninjau lokasi banjir di Pekon Karang Anyar dan melanjutkan ke Pekon Bandar Kejadian Kecamatan Wonosobo.

BACA JUGA: Pria Diduga Korban Pengeroyokan yang Tertancap Pisau Pada Matanya Akhirnya Meninggal Dunia

Pada kesempatan itu, bupati mengingatkan kepada masyarakat dan jajaran pemerintah daerah agar menjaga dan memelihara kelestarian hutan sebagai upaya pencegahan banjir.     

Hutan tidak boleh dirambah atau ditebangi supaya tidak gundul dan hilang fungsi resapan airnya. 

"Demikian juga membuang sampah, jangan sembarangan, agar saluran air lancar. Dan tanamlah tanaman yang dapat berfungsi meresap air dan menjaga tanah tetap kuat agar tidak mudah erosi," tuturnya. 

BACA JUGA: Operasi Microsleep di Tol Bakter, Ada 22 Sopir Mengantuk

"Mari kita sama-sama menjaga alam kita agar tetap lestari dan indah. Kalau alam kita bagus dan hutan serta pepohonannya banyak, insya Allah bencana banjir bisa teratasi," ucapnya. 

Pemerintah Kabupaten Tanggamus, lanjut bupati, segera mengupayakan normalisasi alur sungai agar sedimentasi tidak menumpuk dan menimbulkan pendangkalan aliran sungai yang mengakibatkan air meluap dan banjir. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: