Desa Wisata Pulau Pahawang Juara Umum Kelima ADWI 2022 Kategori Desa Wisata Maju

Desa Wisata Pulau Pahawang Juara Umum Kelima ADWI 2022 Kategori Desa Wisata Maju

--

radarlampung.co.id - Desa Pulau Pahawang menyabet juara umum ke lima kategori Desa Wisata Maju, pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pencapaian ini bisa menjadi salah satu semangat desa wisata di Lampung lainnya untuk terus mengembangkan pariwisata nya.

Penyerahan juara ini langsung oleh Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu 30 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan Kemenparekraf tahun ini mengapresiasi 50 desa wisata terbaik yang menjadi simbol Indonesia bangkit dan membuka suatu tabir baru dalam mengembangkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan yang inklusif. Serta memberikan peluang untuk membuka lapangan kerja.

BACA JUGA:Siap Hadir di Lampung, UNIQLO Tawarkan Beragam Promo Menarik

Menparekraf juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan ADWI 2022 ini mulai dari dewan juri, pengelola desa wisata, pelaku usaha, hingga jajaran pemerintah baik di pusat maupun daerah.

“Saya juga ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi. Saya ingin memberikan apresiasi khusus kepada para pemerintah daerah, kepala daerah, yang telah menggali potensi desa wisata ke depannya,” ujarnya.

Sandiaga menyampaikan, ajang ADWI 2022 yang bertema “Dari Desa untuk Indonesia Bangkit” ini bertujuan untuk mendorong daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Terdapat tujuh aspek penilaian pada ADWI 2022 yaitu daya tarik pengunjung, homestay, digital dan kreatif, suvenir, toilet umum, penerapan cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE), serta kelembagaan desa.

BACA JUGA:Ditarik Dari Lokasi Banjir, Tim Dapur Umum BPBD Pringsewu Siaga Di Sini

"Kita berwisata di Indonesia saja dan kembangkan Bangga Buatan Indonesia,” tandas Menparekraf.

Sementara menanggapi Desa Pulau Pahawang menyabet juara umum ke lima, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan mengatakan ini bisa menjadi trobosan bagi desa lainnya.

"Ya dengan pencapaian ini bisa menjadi trobosan untuk pemulihan ekonomi dan kita juga akan terus dorong untuk muncul desa wisata lain," kata Qodratul.

BACA JUGA:Masuk Ke Kawasan Register 45 Mesuji, Polisi Amankan DPO Curat Kabel MVTIC Senilai Rp1,2 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: