Meski Melandai, Pemkab Way Kanan Tetap Gencar Tekan PMK

Meski Melandai, Pemkab Way Kanan Tetap Gencar Tekan PMK

Tim satgas mengecek kesehatan sapi. Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Walaupun grafik perkebangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Way Kanan sudah terus melandai, akan tetapi pihak terkait, khsusunya Dinas Pertanian Holtikultura dan Peternakan setempat masih terus berupaya menghilangkannya dari Bumi Ramik Ragom.

Salah satunya dengan memberi vaksin pada ternak milik warga, khususnya di daerah yang tadinya sempat memuncaki penyebaran PMK di Way Kanan.

“Kecamatan Negeri Agung adalah salah satu daerah penyebaran PMK yang tinggi di Way Kanan. Akan tetapi dengan sigapnya pengawasan dan edukasi yang diberikan pihak Dinas Pertanian, Holtikultura, dan Peternakan Way Kanan sekarang saudah tidak ada lagi yang terkena," ujar Kepala Kampung Kalipapan Soleman.

Sebab, katadia, setiap ada yang bergejala langsung dilakukan penanggulangan dan pemberian vitamin, sebagaiman yang diedukasikan oleh Distan TPH dan Peternakan Way Kanan. 

BACA JUGA:Catat! 7 Obat Sirup Haram Dikonsumsi oleh BPOM RI, Ingat Merknya

Terpisah Kadis Pertanian, Holtikultura, dan Peternakan Way Kanan Maulana Miuhidan melalui Kabid Penyuluhan Rahmat menyatakan bahwa PMK digolongkan menjadi salah satu dari 25 katagori penyakit hewan strategis, yang dapat menyerang hewan di mana saja dan kapan saja.

Untuk itulah pihaknya terus menggercarkan vaksin PMK terhadap hewan ternak warga di Way Kanan melalui penyuluh dan dokter hewan yang ada di Way Kanan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: