Soal Pasien Isoman Langsung Bisa Ambil Obat di Apotek, Ternyata di Lampung Berbeda, Ini Kata Kadiskes

Soal Pasien Isoman Langsung Bisa Ambil Obat di Apotek, Ternyata di Lampung Berbeda, Ini Kata Kadiskes

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lampung, Reihana--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Kesehatan menyebut pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri bisa langsung menghubungi telemedicine yang disediakan dan bisa ambil obat di apotek nampaknya belum bisa dilakukan di Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana pada Selasa 8 November 2022 mengatakan di Lampung untuk pengambilan obat Covid-19 bagi pasien isolasi mandiri tetap melalui fasilitas kesehatan (faskes).

"Untuk Provinsi Lampung masih tetap melalui faskes ya. Jadi jika pasien sedang isoman tetap ke faskes terdekat untuk mendapatkan obat," kata Reihana.

Dia melanjutkan, soal layanan telemedicine yang diselenggarakan Kemenkes kemungkinan bisa. Namun, dirinya belum mendapatkan informasi jika dilakukan diluar Jakarta.

BACA JUGA:Lapas Kotabumi Gelar Razia, Ini yang Didapat

"Kalau yang telemedicine yang diumumkan Kemenkes, mungkin bisa di coba. Kemudian lihat nanti apa jawaban nya. Tapi nampaknya itu masih di Jakarta jadi ketika dia positif dan sudah tercover di NAR dia bisa melalui telemedicine dan nanti obat dikirim ke rumah," lanjut Reihana.

Sementara  di Lampung belum menerapkan hal tersebut. Sehingga, pasien tetap harus melalui faskes untuk mendapatkan obat.

Sementara dalam keterangan Kemenkes melalui Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengatakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (Isoman) diminta memanfaatkan layanan telemidisin gratis dari Kemenkes, sampai saat ini obat masih gratis disediakan.

Obat tersebut kini bisa diambil langsung oleh anggota keluarga ke apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan tanpa menunggu pengiriman.

BACA JUGA:Top! BRI Tercatat Sebagai Bank di Indonesia Dengan Pengelolaan Risiko ESG Terbaik

Siti Nadia mengatakan layanan telemedisin bagi pasien positif COVID-19 yang Isoman masih tetap tersedia sampai saat ini.

Bahkan, ada pembaruan dari layanan tersebut, yakni obat bisa diambil langsung oleh saudara pasien ke apotek Kimia Farma terdekat.

''Layanan Isoman nya masih ada. Bahkan semua obat sudah bisa diambil langsung ke apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan,'' ujar dr. Nadia, Minggu 6 November lalu.

Pasien yang sedang Isoman dapat menghubungi WA Kemenkes RI di Nomor 081110500567 untuk mendapatkan layanan telemedisin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: