Kemenkes Berikan Layanan Telemedicine Ambil Obat Gratis di Apotek, Sudahkah Diterapkan di Bandar Lampung?

Kemenkes Berikan Layanan Telemedicine Ambil Obat Gratis di Apotek, Sudahkah Diterapkan di Bandar Lampung?

Ilustrasi Covid-19. (Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menginisiasi layanan telemedicine ambil obat gratis di Apotek.

Di mana layanan telemidisin merupakan layanan yang memberikan kepada masyarakat yang tengah isolasi mandiri (isoman) Covid-19.

Masyarakat yang tengah isoman dan memerlukan obat dapat mengambil obat gratis oleh anggota keluarganya ke Apotek Kimia Farma.

Lalu, bagaimana dengan Bandar Lampung? Apakah sudah menerapkan?

BACA JUGA:Pemkab Pesawaran Bentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting, Ini Sasarannya

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandar Lampung Desti Mega Putri mengatakan, di Bandar Lampung layanan tersebut belum ada.

Kata Desti, Apotek Kimia Farma yang bisa melayani telemidisin ada 25 Apotek.

Untuk di Bandar Lampung, Apotek Kimia Farma Unit Bisnis Lampung belum masuk list melayani telemedicine.

"Untuk di Bandar Lampung belum ada layanan tersebut," ujar Desti saat dihubungi Radarlampung.co.id, Selasa 8 November 2022.

BACA JUGA:Dompet Dhuafa Lampung Kelola Zakat untuk Lampung Berjaya

Di mana, masyarakat Bandar Lampung yang tengah melakukan isoman selama ini di pantau kesehatan dan diberi obat oleh tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Puskesmas.

Diketahui, Kemenkes meminta pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang melakukan Isoman memanfaatkan layanan telemedicine gratis dari Kemenkes.

Sampai saat ini obat yang disediakan masih gratis. Obat tersebut kini bisa diambil langsung oleh anggota keluarga ke apotek Kimia Farma yang sudah ditentukan tanpa menunggu pengiriman.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengatakan, layanan telemedisin bagi pasien positif Covid-19 yang isoman masih tetap tersedia sampai saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: