Kunjungi UGM, UTI Kembangkan Mobil Listrik dan Kolaborasi Kampus Merdeka

Kunjungi UGM, UTI Kembangkan Mobil Listrik dan Kolaborasi Kampus Merdeka

Kunjungan tim Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) ke Universitas Gadjah Mada (UGM) terkait pengembangan mobil listrik dan kolaborasi Kampus Merdeka. FOTO HUMAS UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA --

BACA JUGA: Tim Peneliti UTI Kunjungi Utrecht University Belanda

Pada kunjungan tersebut, dekan beserta jajaran, dosen dan mahasiswa FTIK UTI dipandu untuk melihat Laboratorium Akustik dan Getaran.

Kemudian Laboratorium CNC dan CAD, Laboratorium Perancangan, Laboratorium Mekanika Fluida dan Laboratorium Konversi Energi.

Khusus di Laboratorium Konversi Energi, dosen dan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia mempelajari motor bertenaga BBM yang dikonversi ke penggunaan biogas. 

Ini menjadi salah satu projek riset yang juga telah digagas di program studi Teknik Elektro Universitas Teknokrat Indonesia.

BACA JUGA: UTI Masuk Pemeringkatan Kampus Ilmuan Terbaik Tingkat Dunia

Rangkaian kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan. 

Delegasi FTIK UTI disambut oleh Sekdep Dr. Eng. Muhammad Zudhy Irawan, S.T., M.T. dan diarahkan untuk melihat fasilitas laboratorium departemen tersebut.

Yaitu Laboratorium Komputasi, Laboratorium Penyehatan dan Lingkungan, serta Laboratorium Hidraulika. 

Dosen dan mahasiswa FTIK UTI mempelajari riset dan pengembangan khususnya bidang kajian desain pengembangan bendungan, DAS, penanganan banjir, serta pengolahan air limbah.

BACA JUGA: UTI Sukses Gelar Program Matching Fund Kedaireka

Kunjungan FTIK UTI diakhiri dengan mendatangi Departemen Teknik Elektro dan Teknik Informatika. Delegasi FTIK UTI diarahkan oleh Sekretaris Prodi Magister Teknik Elektro Ir. Sigit Basuki Wibowo, Ph.D dan Bimo Sunarfri Hantono, S.T., M. Eng. untuk mengunjungi beragam laboratorium canggih.

Meliputi Laboratorium Teknik Listrik Dasar, Laboratorium Elektronika Dasar, Laboratorium Instalasi Listrik dan Laboratorium Listrik Tegangan Tinggi. 

Di sana, dosen dan mahasiswa Teknik Elektro UTI mendapat pemaparan kajian terkait pengujian sistem isolasi tegangan tinggi, pengujian peralatan tegangan tinggi. Baik untuk pelaksanaan praktikum maupun penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Di akhir kunjungan, delegasi UTI melihat aktivitas dosen UTI yang saat ini tengah menempuh studi lanjut di Fakultas Teknik UGM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: