Musim Hujan, Pemkab Tubaba Pesankan Ini ke Warga

Musim Hujan, Pemkab Tubaba Pesankan Ini ke Warga

Kegiatan instruksi ke warga. Foto Dok--

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat (TUBABA) Lampung, mengimbau warga masyarakat setempat, untuk waspada bencana banjir selama musim hujan

Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tubaba, Nisom, pada Senin 14 November 2022. Mengingat cuaca saat ini yang cukup ekstrim.  

Karena itu, ia pun telah menyampaikan Surat Edaran Nomor 360 / 119 / 1I1.07 / TUBABA / 2022 tentang Himbauan Waspada Banjir Selama Musim Hujan yang ditujukan ke seluruh Camat, Lurah, dan Kepala Tiyuh (Desa). 

"Di dalam Surat Edaran itu, kita memberikan contact person agar bila terjadi bencana di wilayahnya dapat segera melapor ke BPBD setempat, melalui nomor 0852-6765-2450," katanya.

BACA JUGA:Jual Motor Hasil Curian Hanya untuk Foya-foya

Menurutnya , himbauan tersebut disampaikan berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bandar Lampung , yang mengeluarkan informasi terkait dengan kondisi iklim curah hujan tinggi di Tubaba.  

Prakiraan puncak musim hujan terjadi pada bulan November 2022 sampai dengan Januari 2023 , diperkirakan terjadi peningkatan curah hujan yang tinggi disertai angin puting beliung di wilayah Kabupaten Tubaba.

Oleh karenanya, kata dia, sehubungan dengan hal tersebut, diminta kepada camat, lurah atau kepala tiyuh dapat menyampaikan kepada warga masyarakat agar waspada mengantisipasi terjadinya banjir, hujan deras disertai petir dan angin puting beliung.  

"Terutama masyarakat yang berada di dataran rendah, atau bantaran sungai baik yang berada di bantaran sungai way kiri maupun yang ada di bantaran sungai way kanan harus waspada," tuturnya.

BACA JUGA:Modus Mengaku sebagai Teman, Pelaku Nekat Curi Motor Korban, Tega Banget!

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai dan saluran air, gorong-gorong dan sebagainya.  

Memantau kondisi pohon atau tiang listrik , reklame dan penerangan jalan umum yang berpotensi tumbang apabila turun hujan. 

"Agar tidak berteduh di bawah pohon , reklame , tiang listrik dan Penerangan Jalan Umum. Selain itu , pengecekan instalasi listrik juga harus rutin dilakukan. Kita berharap tidak terjadi bencana apa-apa di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: