Ini Skema Baru Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023, Siswa Bisa Mendaftar Prodi Lintas Jurusan

Ini Skema Baru Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023, Siswa Bisa Mendaftar Prodi Lintas Jurusan

Sejumlah perubahan terjadi dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023. Salah satunya, siswa bisa mendaftar lintas jurusan. --

BACA JUGA:Perhatikan! 4 Hal yang Bisa Membuat Waktumu Terbuang Sia-Sia, nomor 3 Sering Dilakukan

Jumlah tersebut didapat dari calon mahasiswa yang mendaftar PTN pada awal 2022 lalu, yaitu sekitar 600.000 siswa mengikuti SNMPTN 2022 dan sekitar 800.000 siswa mengikuti SBMPTN 2022.

"Dari banyaknya siswa yang mengikuti seleksi, persentase yang diterima PTN hanya 18-20 persen. Sementara persentase siswa yang diterima di PTN favorit hanya 7-9 persen, sehingga harus diimbangi dengan kerja keras dan niat yang sungguh-sungguh," tegas Prof. Mochamad Ashari.

Prof. Mochamad Ashari mengungkapkan, tahun ini pemerintah mengubah materi tes dalam UTBK Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Materi yang diujikan adalah tes potensi skolastik (TPS), penalaran matematik, literasi dalam bahasa Indonesia dan literasi dalam bahasa Inggris dengan alokasi waktu 195 menit.

BACA JUGA:Simak! Cara Memotong Kuku yang Benar dalam Islam dari Ustadz Adi Hidayat

Dalam TPS, yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. 

Kemudian kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

Untuk literasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris bertujuan mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan dan mengevaluasi berbagai jenis teks dalam menyelesaikan masalah.

Lalu mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

BACA JUGA:Beruang Masuk ke Pemukiman di Pesisir Barat, Mangsa Unggas dan Minum Minyak Goreng

Terakhir, penalaran matematik yang berguna untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep prosedur fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Sementara metode tes tetap menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). SNBT 2023 ini setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu kali tes sehingga dia meminta agar para calon mahasiswa melakukan persiapan dengan matang.

"Anda mendapatkan kesempatan tes UTBK 2023 hanya satu kali. Mohon dimanfaatkan dengan persiapan yang sebaik-baiknya," tandasnya.

Istimewanya, setiap peserta dari jurusan IPA IPS atau bahasa diizinkan memilih prodi di PTN merdeka bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: