Buaya Kembali Muncul di Pesisir Bandar Lampung, BPBD Sampaikan Ini ke Masyarakat

Buaya Kembali Muncul di Pesisir Bandar Lampung, BPBD Sampaikan Ini ke Masyarakat

Buaya yang muncul di Way Belau sempat resahkan warga. Foto Dok--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dikabarkan seekor buaya muara kembali muncul di Pesisir Bandar Lampung. Kemunculan hewan reptilia itu terlihat oleh warga di wilayah Pulau Pasaran, Telukbetung Timur, Minggu 4 Desember 2022.

Kepala Bidang Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan, Krisna Laksamana menyampaikan sampai saat ini, pihaknya belum mendapatkan informasi munculnya seekor buaya di wilayah Pulau Pasaran.

"Ya kalau benar kami sampaikan masyarakat untuk tenang dan waspada. Dan apabila benar-benar ada (buaya) segera lapor ke pamong setempat, agar bisa berkoordinasi dengan BKSDA Lampung," ujarnya, Senin 5 Desember 2022.

Sebenarnya kata dia, untuk peristiwa penyelamatan hewan wewenang sebenarnya itu BKSDA Lampung. Sementara untuk BPBD ini sifatnya untuk merespon permintaan masyarakat sesuai dengan arahan Wali Kota Bandar Lampung.

BACA JUGA:Pimpin Apel Terakhir, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan Wabup Mad Hasnurin Minta Maaf

Meskipun demikian, Krisna menyampaikan Dinas Damkar dan Keselamatan Kota Bandar Lampung baru berdiri tahun 2022 dapat merespon penyelamatan hewan hewan seperti Ular, Biawak, maupun Tawon.

"Kami bisa mengambil langkah penyelamatan hewan hewan seperti ular, biawak maupun tawon. Walaupun memiliki sarana prasarana belum lengkap, keahlian belum mumpuni dikhawatirkan dapat membahayakan petugas saat penanggulangan tersebut," kata dia 

Oleh sebab itu, Krisna juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi gerak gerik buaya di pulau pasaran apabila sempat mengganggu masyarakat sebaiknya menyampaikan pamong setempat dan pamong setempat segera melaporkan kejadian tersebut ke BKSDA Lampung.

"Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat apabila melihat binatang dilindungi salah satunya Buaya agar menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung," jelasnya.

BACA JUGA:Sabar, Kekurangan Insentif Aparatur Pemerintahan Desa di Lampung Timur Segera Dibayar

Diketahui bahwa seekor buaya muncul itu setelah beredar di video yang tersebar di media sosial yang sempat membuat warga heboh, pasalnya seekor buaya yang terekam kamera itu, dengan santuinya berenang.

Informasi buaya tersebut, berenang mengambang ambang di perairan laut, yang mana kabar dari video yang beredar buaya itu di perairan Lampung. Dengan panjang 2 meter.

Kemudian buaya yang nampak berenang mengambang didekat perairan yang dekat pemukiman warga itu, dinilai warga dapat meresahkan, karena takutnya ada warga yang berada didekat buaya tersebut.

Sementara itu, Warga Pasar Ambon, Cika sudah mendegar kabar ada buaya disekitar Pulau Pasaran. "Ya kabar buaya sudah dengar bahkan sampai.Kemudian buaya yang nampak berenang mengambang didekat perairan yang dekat pemukiman warga itu, dinilai warga dapat meresahkan, karena takutnya ada warga yang berada didekat buaya tersebut. Buayanya mulai meresahkan warga," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: