Mahasiswa UTI Juara Esai Matematika Tingkat Nasional

Mahasiswa UTI Juara Esai Matematika Tingkat Nasional

Yuli Santika, mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia yang menjadi juara tiga Lomba Esai Matematika Nasional (Lemnas). FOTO HUMAS UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA --

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.IDMahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia kembali prestasi di tingkat nasional. Yuli Santika berhasil menempati posisi ketiga dalam Lomba Esai Matematika Nasional (Lemnas) yang diselenggarakan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. 

Dosen pembimbing Nicky Dwi Puspaningtyas menyatakan, esai matematika yang dibuat oleh Yuli yaitu mengenai Kain Tapis: Aktualisasi Matematika Dengan Kearifan Lokal Lampung. 

Esai matematika Yuli Santika mengulas pembelajaran matematika yang lebih bermakna jika berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA: Komandan Kodim 0410/KBL Silaturahmi ke Universitas Teknokrat Indonesia

BACA JUGA: Rektor UTI Dorong Peningkatan Penggunaan Bahasa Lampung

”Pendekatan budaya yang terdapat di lingkungan sekitar membuat peserta didik lebih mudah dalam memahami materi," kata Nicky Dwi Puspaningtyas.

Menggunakan metode Etnomatematika secara mengesankan menjadi jembatan masyarakat Lampung mengenalkan budaya. 

Kain Tapis menjadi bahan peserta didik untuk berpikir bahwa ilmu matematika konkret pada budaya lokal dan menarik untuk dipelajari.

BACA JUGA: Mahasiswa UTI Sumbang Medali pada Pomnas 2022

BACA JUGA: Kunjungi UGM, UTI Kembangkan Mobil Listrik dan Kolaborasi Kampus Merdeka

“Penyajian dalam pembelajaran metode Etnomatematika dengan pendekatan kebudayaan Lampung sangat dibutuhkan untuk mempertinggi kualitas motivasi belajar, hasil belajar serta rasa cinta terhadap budaya sehingga terlihat bahwa kebudayaan masyarakat tetap dilestarikan dan dijaga untuk warisan kepada generasi selanjutnya,” papar Yuli Santika.

Diketahui, Lomba Esai Matematika tersebut dilaksanakan dari mulai 29 Agustus-17 September 2022 untuk mengumpulkan karya berupa esai matematika.

Kemudian pengumuman 10 besar esai terbaik pada tanggal 30 Oktober 2022. 

BACA JUGA: Tim Peneliti UTI Kunjungi Utrecht University Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: