Mengenal Jjajangmyeon, Mie Udon Hitam Khas Korea Selatan yang sering Tampil di Drama Korea

Mengenal Jjajangmyeon, Mie Udon Hitam Khas Korea Selatan yang sering Tampil di Drama Korea

Jjangmyeon atau Mie Udon Hitam. (Foto/Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID –Bagi kalian para pecinta drama Korea alias drakor, Jjajangmyeon tentunya bukan nama yang asing ditelinga jajaran anak muda si paling Kpop.

Jjajangmyeon merupakan salah satu jenis masakan yang berasal dari Korea Selatan yang bahan utamanya berupa mie dan saus pasta kacang kedelai hitam.

Jajang berarti saus goreng sedangkan myeon berarti mie. Makanan yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang dipengaruhi kuliner yang berasal dari Tionghoa atau dikenal sebagai zhajiangmian oleh masyarakat Tiongkok.

Di beberapa wilayah Beijing, jjajangmyeon atau zhangjiangmian aslinya disajikan dengan saus yang beraneka ragam dengan lebih memakai daging babi dibanding variasi dari Korea yang menggunakan banyak isi dari makanan laut.

BACA JUGA:Mengulik Viralnya Lagu 'Cak Culay Nabuy Nabuy', Kini Dirilis Label Musik NAGASWARA

Selain makanan laut, masyarakat Korea pada umumnya juga memberikan pelengkap daging babi dan beragam sayuran sehingga tidak semua restoran yang menjual Jjajangmyeon layak dimakan oleh umat Islam. 

Namun jika kamu mengolah jjajangmyeon sendiri dengan mengganti bahan daging babi dengan jenis daging lainnya yang halal, maka jjajangmyeon tidak akan menjadi masalah untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu, Radarlampung.co.id telah merangkum resep sederhana supaya kalian para Kpopers bisa memasak mie udon hitam khas Korea Selatan yang sering kali tampil di drama Korea.

Dirangkum Radarlampung.co.id dari akun media sosial Instagram @yummy.idn pada Sabtu, 10 Desember 2022. Berikut ini merupakan bahan-bahan yang harus disiapkan serta cara membuat jjajangmyeon:

BACA JUGA:Bikin Nyaman! Ini 6 Cara Mempercantik Taman Minimalis di Halaman Rumah

Pertama siapkan bahan utamanya terlebih dahulu yaitu sebanyak 250 gram mie udon dan daging sapi yang sudah dipotong kecil. Lalu siapkan juga bahan-bahan topping alias bahan pelengkapnya.

Untuk bahan-bahan topping, siapkan sebanyak 2 siung bawang putih, 1 siung bawang bombay, 200 gram jamur kancing, 100 gram timun jepang yang dipotong lurus dengan ukuran sedang atau tidak terlalu pendek.

Kemudian siapkan juga 100 gram kol yang sudah diiris, 2 sendok makan/sdm doenjang, 100 mili kaldu ayam atau sesuai selera, dan 1 sendok teh/sdt lada.

Setelah semua bahan terkumpul, maka langkah pertama untuk membuat jajangmyeon adalah menumis bawang bombay, daging sapi, dan jamur kancing hingga aromanya harum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: