Mengulik Klapertart, Makanan Khas Manado yang Bukan Asli Indonesia Melainkan Dibuat Pertama Kali Orang Belanda

Mengulik Klapertart, Makanan Khas Manado yang Bukan Asli Indonesia Melainkan Dibuat Pertama Kali Orang Belanda

Klapertart. (Foto/Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dessert yang memiliki rasa manis yang khas ini terbuat dari bahan dasar seperti terigu, susu, mentega, telur dan potongan kelapa muda.

Sedangkan untuk resep adonannya dipengaruhi oleh tata cara penduduk Belanda yang dulu pernah tinggal di wilayah Manado.

Klapertart telah menjadi camilan khas Kota Manado yang dipengaruhi oleh kuliner yang berasal dari negeri kincir angin.

Dikenal sebagai camilan kudapan, Klapertart memiliki tekstur yang lembut dan biasanya lebih nikmat disantap dalam kondisi dingin.

BACA JUGA:Deretan Camilan yang Sering Dijumpai di Indonesia, Terinspirasi dari Makanan Asal Belanda

Klapertart merupakan salah satu hidangan manis Nusantara yang berasal dari Minahasa yang kini digemari oleh para pecinta kuliner yang awalnya bukan dibuat oleh masyarakat pribumi asli.

Dalam bahasa Belanda, klapertart ditulis dengan nama klappertaart yang berasal dari dua makna kata yakni klapper dan tart, yang berarti kelapa dan kue tart dalam pelafalan orang Belanda. Sehingga secara harfiah, klapertart bisa diartikan sebagai kue kelapa.

Camilan kudapan ini memang berbeda dengan kue tradisional Tanah Air lainnya karena terlihat lebih modern, dan rasanya tidak sama dengan makanan Indonesia lainnya karena aslinya klapertart menggunakan rum.

Klapertart dikenal sebagai kuliner yang berasal dari Kota Manado, namun ternyata dalam sejarah asal muasalnya lebih merujuk pada keberadaan kolonial Belanda yang sempat tinggal di Sulawesi Utara.

BACA JUGA:Tips Menyimpan Daun Seledri Agar Tetap Harum dan Segar

Tanah Minahasa memang wilayah komoditas terbesar yang dikenal sebagai penghasil kelapa. Hal ini  menjadi alasan mengapa orang Belanda memutar otak cerdasnya untuk memanfaatkan buah serbaguna ini menjadi kudapan yang lezat untuk disantap.

Kudapan yang berbahan dasar kelapa dan krim ini memiliki cita rasa kayu manis yang bertekstur lembut dan creamy.

Ada dua cata membuat klapertart yakni dengan cara dipanggang layaknya roti atau dikukus untuk menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan gampang meleleh saat dimasukkan ke dalam mulut.

Namun saat ini, klapertart sudah dimodifikasi dalam aneka rasa seperti cokelat, stroberi, blueberry, keju, cappucino, green tea hingga durian untuk menarik minat para pecinta kuliner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: