Apa Itu Bahan Bakar CNG Pengganti Pertalite, Simak Ulasannya

Apa Itu Bahan Bakar CNG Pengganti Pertalite, Simak Ulasannya

Ilustrasi BBM. (Pixabay/IADE-Michoko)--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Saat ini Pemerintah tengah mempersiapkan Bahan Bakar CNG sebagai pengganti Pertalite namun kualitas sebaik dengan Pertamax Turbo.

Nah, bagi kalian yang belum tau tentang bahan bakar minyak jenis CNG, yuk simak informasi dari rangkuman radarlampung,co,id, Sabtu 17 Desember 2022.

Compressed Natural Gas atau CNG merupakan bahan bakar yang bersumber dari gas alam yang terbukti lebih hemat biaya dan irit penggunaan.

CNG salah satu terobosan yang cukup maju di bidang energi terbarukan yang lebih hemat melalui kompresi metana (CH4), yang diekstrak dari gas alam.

BACA JUGA:DPRD Pesawaran Dukung Pilkades Dengan Sistem E-Voting, Tapi…

CGN terdiri dari 70 persen hingga 90 persen metana, gas rumah kaca paling signifikan kedua yang berkontribusi terhadap perubahan iklim, setelah karbon dioksida.

CNG sendiri mirip dengan LGV yang telah terlebih dahulu digunakan, dengan kualitas yang sama, hanya saja CNG mempunyai tekanan yang jauh lebih tinggi dari LGV.

Jika dibandingkan dengan Pertamax Turbo 98 kualitas pembakaran LGV setara dengan RON 98 dan ramah lingkungan.

LGV memiliki tekanan berkisar antara 8-12 bar. Sedangkan CNG mempunyai tekanan mencapai 200 bar lebih tinggi dari LGV. Terbuki CNG setara dengan penggunaan RON 98.

BACA JUGA:Gerak Cepat Pasca Cuaca Esktrem, PLN UID Lampung Pulihkan 100 Persen Kelistrikan Dua Kabupaten

Melansir dari bumn.go.id, gas alam yang diproses menjadi CNG merupakan sumber energi yang hemat dan ramah lingkungan.

Pertamina sendiri sudah melakukan berbagai pengujian CNG, untuk mobil, motor dan perahu nelayan.

Tentunya penggunaan kualitas CNG pengganti Pertalite setara Pertamax Turbo tersebut membutuhkan penanganan yang lebih baik agar memiiliki keamanan yang dalam pengaplikasiannya di kendaraan.

Pada pengaplikasian, untuk sepeda motor, pihak Pertamina akan menggunakan tabung CNG 14 x 53 cm sehingga dapat di tempatkan dengan mudah di sepeda motor tanpa mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: