Bingung Mau Masak Apa? Simak Resep Mapo Tofu yang Cocok Jadi Hidangan Keluarga Berikut

Bingung Mau Masak Apa? Simak Resep Mapo Tofu yang Cocok Jadi Hidangan Keluarga Berikut

Tampilan Mapo Tahu. (Instagram/@yummy.idn)--

RADARLAMPUNG.CO.IDTahu merupakan salah satu makanan yang terbuat dari endaan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Nama Tahu merupakan kata serapan dari bahasa Hokkian yang secara harfiah berarti kedelai yang difermentasi.

Dalam sejarahnya, tahu atau tou berasal dari negara Tiongkok, sama seperti kecap, tauco, bakpao, dan bakso yang telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han atau sekitar 2200 tahun lalu.

Konsumsi tahu dinilai baik untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol karena mengandung gizi yang baik bagi tubuh.

Supaya kandungan gizi yang ada dalam tahu tetap terjaga, maka bahan masakan yang satu ini bisa diolah melalui proses pengkusan, tumis, rebus, atau mungkin dibuat sup.

BACA JUGA:Begini Serunya Nobar Final Piala Dunia 2022 Bersama Wali Kota Bandar Lampung

Dilansir radarlampung.co.id dari akun media sosial Instagram @yummy.idn pada Senin, 19 Desember 2022. Berikut ini merupakan resep bahan-bahan dan cara mengolah tahu menjadi mapo tofu yang istimewa untuk dimakan bareng keluarga di rumah.

Kalau sobat kuliner mau mencoba untuk membuat menu masakan mapo tofu, maka kalian harus menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu.

Adapun bahan-bahan untuk membuat mapo tahu adalah sebanyak 250 gram tahu sutra (tofu) yang dipotong dadu, 200 gram daging sapi giling, 4 piece’s/pcs jamur shitake (diiris) dan 4 siung bawang putih yang dicincang.

Siapkan juga 1 sendok makan/sdm tauco, 1 sendok makan/sdm chili oil, 1 sendok makan/sdm saus tiram, 2 sendok makan/sdm kecap asin, dan 1 sendok makan/sdm minyak wijen.

BACA JUGA:Drama Adu Penalti, Argentina Juara Piala Dunia 2022

Selain itu ada juga bahan lain yang harus disiapkan seperti 1 sendok makan/sdm tepung tapioka yang dilarutkan dengan air, 200 mili air kaldu ayam, 1 sendok teh/sdt kaldu jamur, 1 sendok makan/sdm gula pasir, dan 2 batang daun bawang (diiris).

Kemudian langkah pertama untuk mengolah bahan-bahan tersebut adalah sobat kuliner harus memanaskan minyak ke dalam panci, lalu tumis bawang putih hingga harum.

Setelah tumisan bawang putihnya tercium bau harum, masukkan daging sapi giling dan jamur. Aduk dan masak hingga matang.

Jangan lupa untuk menambahkan tauco dan chili oil, tumis sebentar dan tuangkan juga air kaldu, saus tiram, kecap ikan, kecap asin, kaldu jamur, dan gula pasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: