Simak, Ini Prediksi Materi Tes Potensi Kognitif SNBT 2023

Simak, Ini Prediksi Materi Tes Potensi Kognitif SNBT 2023

Ilustrasi Mengerjakan Soal Tes atau Ujian.-Pixabay-

BACA JUGA:Referensi 6 PTN di Indonesia yang Memiliki Sekolah Vokasi

Pertama, bacalah soal-soal dengan teliti dengan memahami pertanyaan dan pernyataan yang tertuang di dalam soal tes tersebut.

Kemudian sesuaikan kalimat pada pilihan jawaban dengan pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan pada soal.

Untuk membayangkan situasi yang digambarkan dalam soal yang kalian kerjakan, gunakanlah oretan atau kertas kosong sebagai media lain untuk menghitung, mengurutkan atau menggambarkan soal yang ditanyakan.

Selanjutnya dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan empat prediksi materi tes potensi kognitif yang mungkin muncul dalam Seleksi Nasional Berbagai Tes (SNBT) 2023:

BACA JUGA:10 Daftar Universitas Paling Lestari di Indonesia, Ada yang dari Lampung?

1. Penalaran Teks

Materi penalaran teks akan membuat para peserta tes potensi kognitif berpikir untuk menarik kesimpulan atau membuat suatu pernyataan baru yang berdasar.

Pernyataan baru yang dikemukakan tersebut akan dibuktikan kebenarannya atau telah diasumsikan sebelumnya dalam soal yang disuguhkan saat mengikuti tes.

2. Pembacaan Grafik dan Tabel

Saat mendapatkan materi pembacaan grafik dan tabel, kalian mesti memahami judul dari grafik atau tabel itu sendiri. Kemudian mencermati, mencari, dan membaca informasi di sekitar tabel.

Selanjutnya mengajukan pertanyaan tentang isi tabel, lalu menafsirkan angka-angka atau data yang tertera dan mengaitkan antar data dengan tabel untuk mengambil suatu kesimpulan.

BACA JUGA:Siswa Wajib Tahu! Ini 10 Rekomendasi Jurusan Buat Kamu yang Anti Matematika saat Mendaftar SNPMB 2023

3. Pernyataan dalam Teks

Materi yang satu ini bakal membuat peserta tes melakukan sebuah pernyataan yang sesuai dengan data di dalam teks atau selaras dengan isi teks yang tertera pada soal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: