Catat! Ini Daftar Panitia Lokal SPAN-PTKIN 2023

Catat! Ini Daftar Panitia Lokal SPAN-PTKIN 2023

Pembukaan SPAN PTKIN akan dirilis Menteri Agama, Jumat 20 Januari 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kementerian Agama bakal membuka penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun akademik 2023.

Perilisan pembukaan penerimaan mahasiswa baru PTKIN oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas dijadwalkan hari ini yakni Jumat, 20 Januari 2023.

Pembukaan seleksi penerimaan mahasiswa baru PTKIN 2023 se-Indonesia, akan disiarkan secara langsung melalui kanal resmi YouTube PMB SPAN UM PTKIN, mulai pukul 19.00 WIB.

Terdapat dua jenis seleksi yang dibuka yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) serta Ujian Masuk (UM-PTKIN).

BACA JUGA:Cek Statusnya! BSU 2023 Rp 600 Ribu Siap Disalurkan ke Rekening

SPAN-PTKIN atau seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN yang didasari prestasi akademik (diambil dari nilai rapor dan sertifikat/piagam penghargaan lainnya).

SPAN-PTKIN adalah seleksi nasional berdasar penjaringan prestasi akademik yang menggunakan nilai rapor dan prestasi lain berupa portofolio tanpa ujian tertulis.

Satuan pendidikan yang berhak mendaftarkan siswanya pada seleksi  SPAN-PTKIN adalah MA, MAK, SMA, SMK, pendidikan Diniyah formal atau pendidikan kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah, Mu'adalah Muallimin dan Mua'dalah Salafiyah yang secara sah mendapatkan izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Siswa yang boleh mengikuti seleksi merupakan siswa yang didaftarkan oleh kepala satuan pendidikan MA, MAK, SMA, SMK, Pendidikan Diniyah Formal atau pendidikan kesetaraan Pondok Pensantren Salafiyah, Mu'adalah Muallimin dan Mua'dalah Salafiyah.

BACA JUGA:14 Orang Pengedar dan Penyalahguna Narkoba Ditangkap, Polisi Sita 8,21 Gram Sabu dan Ekstasi

Di setiap perguruan tinggi, kuota SPAN-PTKIN adalah sebanyak 20 persen.

Daftar panitia lokal SPAN-PTKIN 2023

- UIN Sumatera Utara Medan

- UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: