Ternyata Begini Sistem Kelulusan dari Panitia SPAN-PTKIN 2023

Ternyata Begini Sistem Kelulusan dari Panitia SPAN-PTKIN 2023

SPAN-PTKIN 2023. FOTO/span.ptkin.ac.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID -  Kementerian Agama baru saja membuka penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun akademik 2023.

Perilisan pembukaan penerimaan mahasiswa baru PTKIN oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas dijadwalkan pada Jumat, 20 Januari 2023 kemarin.

Pembukaan seleksi penerimaan mahasiswa baru PTKIN 2023 se-Indonesia, akan disiarkan secara langsung melalui kanal resmi YouTube PMB SPAN UM PTKIN.

Terdapat dua jenis seleksi yang dibuka yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) serta Ujian Masuk (UM-PTKIN).

BACA JUGA:Penjudi Kabur, 12 Motor Tertinggal di Lokasi Sabung Ayam

SPAN-PTKIN atau seleksi nasional calon mahasiswa baru PTKIN yang didasari prestasi akademik (diambil dari nilai rapor dan sertifikat/piagam penghargaan lainnya).

Di setiap perguruan tinggi, kuota SPAN-PTKIN adalah sebanyak 20 persen.

Melansir laman span.ptkin.ac.id, panitia nasional rupanya memiliki sistem pemeringkatan dalam menentukan hasil seleksi atau kelulsan yang akan diterima oleh siswa pelamar.

Untuk hasil kelulusan yang akan didapatkan oleh siswa pelamar, panitia nasional SPAN-PTKIN 2023 membuat pemeringkatan siswa melalui sistem.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Tunjangan Non Sertifikasi Guru Bulan Januari Ini Cair, Catat Batas Waktunya

Panitia nasional SPAN-PTKIN membuat pemeringkatan yang didasarkan pada kualitas siswa pelamar.

Kualitas yang yang masuk dalam sistem pemeringkatan diantaranya nilai rapor, dan prestasi lain yang sebelumnya diupload ke dalam sistem pendaftaran.

Selain kualitas siswa pelamar, panitia juga melakukan pemeringkatan melalui akreditasi sekolah dan index daftar ulang. Serta indeks kewilayahan untuk siswa pelamar yang berasal dari daerah 3T.

Peserta SPAN PTKIN merupakan siswa sekolah, madrasah atau pondok pesantren yang bakal lulus pada tahun 2023 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: