5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaik di Pulau Sumatera, Unila Masuk Tidak?

5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaik di Pulau Sumatera, Unila Masuk Tidak?

Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Di Sumatera. Foto Facebook Unila--

RADARLAMPUNG.CO.ID - PTN merupakan perguruan tinggi negeri universitas yang didirikan dan diselenggarakan oleh negara melalui kementerian. Di Indonesia, Perguruan Tinggi Negeri dikelola oleh pemerintah dan dibawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Pendaftaran mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri diselenggarakan oleh pemerintah. Secara resmi, ada tiga jalur masuk Peruguruan Tinggi Negeri yaitu jalur undangan atau SNMPTN, jalur tulis nasional atau SBMPTN, dan seleksi MANDIRI. 

SNMPTN merupakan jalur seleksi calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik. Kedua SBMPTN merupakan jalur tes tertulis berdasarkan hasil tes UTBK. Jalur mandiri sesuai kebijakan dari masing-masing universitas. Perguruan tinggi negeri bisa memberikan tes, seleksi, dan biaya pendaftaran yang berbeda beda. 

1. Universitas Riau

Disingkat UR, universitas negeri ini berlokasi di Pekanbaru pada tahun 1962. Awalnya warga sekitar yang menginginkan PTN di Pekanbaru, sehingga dibentuklah Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau dan kemudian berdirilah Yayasan Universitas Riau.

BACA JUGA:Tim Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Lokakarya di SMA Utama II Bandar Lampung

Dari proses panjang tersebut, PTN kini memiliki sembilan fakultas yaitu Kedokteran, FISIP, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Pendidikan Guru dan Ilmu Pendidikan, Teknik, Hukum, Ekonomi, Pertanian, serta MIPA. Menariknya, Ilmu Keperawatan berdiri sebagai program studi independen, bukan sebagai fakultas.

2. Universitas Andalas

Biasa disingkat Unand, PTN ini berlokasi di kota Padang, Sumatera Barat. Didirikan pada tahun 1955, Unand merupakan universitas tertua di luar Jawa. Saat itu, Unand merupakan PTN keempat yang diluncurkan pemerintah. Pada tahun 2018, Unand masuk dalam jajaran 10 besar PTN versi Kemenristekdikti.

Saat ini Unand terdiri dari 15 fakultas: Hukum, Pertanian, Kedokteran, MIPA, Ekonomi, Peternakan, Ilmu Budaya, Teknik, Ilmu Sosial dan Politik, Farmasi, Teknologi Pertanian, Kesehatan Masyarakat, Teknologi Informasi, Keperawatan dan Kedokteran Gigi. Sebagian besar fakultas tersebut berlokasi di Limau Manis, kota Padang.

3. Universitas Lampung

Unila juga lahir dari keinginan warga sekitar dan tokoh masyarakat. Pada tahun 1960-an, banyak putra putri Lampung yang harus melanjutkan pendidikannya ke Jawa setelah tamat SMA. 

BACA JUGA:Aksinya Terekam CCTV, Residivis Curanmor Diciduk Polisi

Dengan demikian, Unila lahir melalui kepanitiaan dan yayasan. Awalnya, Unila memiliki tiga fakultas: Ekonomi, Sosial, dan Hukum. Unila saat ini terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Sosial Politik, Fakultas MIPA dan Fakultas Kedokteran.

Sumber: