Gelar Uji Kompetensi Anggota, Kasatpol PP Pesawaran : Bukan untuk Pangkas Personel

Gelar Uji Kompetensi Anggota, Kasatpol PP Pesawaran : Bukan untuk Pangkas Personel

Suasana personel Satpol PP Pesawaran tengah menggelar apel beberapa waktu lalu. Satpol PP Pesawaran bakal gelar uji kompetensi. Namun Kasatpol PP Pesawaran klaim bukan untuk pangkas personel. -Instagram @satpolppdamkarpesawaran-Instagram @satpolppdamkarpesawaran

RADARLAMPUNG.CO.ID- Gelar uji kompetensi, Kasatpol PP Pesawaran klaim bukan untuk pangkas personel.

 

Personel Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP Pesawaran bakal mengikuti uji kompetensi. Uji kompetensi itu bakal digelar mulai 27 Januari 2023.  

Adanya uji kompetensi ini dibenarkan Kasatpol PP Pesawaran Effendi. Menurut Effendi, uji kompetensi berlaku untuk seluruh personel Satpol PP baik yang berstatus honorer ataupun ASN. Uji kompetensi dilakukan secara bertahap.

Effendi menyebut, uji kompetensi untuk meningkatkan sumberdaya manusia. Selain itu juga untuk mengingatkan kembali personel Satpol PP terkait tupoksinya.

"Ini mau peningkatan disiplin biar ingat tugas pokok dan fungsinya. Biar matang. Lebih kepada peningkatan SDM tujuannya," ujar Effendi saat dihubungi radarlampung.co.id, Kamis 26 Januari 2023.

Untuk tahap awal ini, uji kompetensi dimulai dari level kecamatan. "Semua ikut. Mulai besok. Kita mulai di kecamatan-kecamatan dulu secara bertahap. Tidak dibuat sekaligus," kata Effendi.

Apakah uji kompetensi ini bakal berujung pada pemangkasan personel ? Effendi membantahnya.

"Bukan (untuk pemangkasan,red). Kalau pengurangan itu soal disiplin. Kalau memang nggak disiplin dan sudah nggak mau kerja lagi bukan pegurangan," ungkapnya.

Hanya saja, Effendi enggan bicara banyak terkait nantinya jika ada personel yang tidak lulus uji kompetensi. "Itu kita belum bisa ngomong sekarang. Intinya banyak rangkaian yang akan di uji," ucapnya

Namun di uji kompetensi ini, lanjut Effendi, banyak unsur-unsur tugas pokok dari Satpol-PP yang akan diujikan.

Diantaranya materi terkait PBB maupun Kamtibum. Dan materi yang memang sehari-hari menjadi tugas personel Satpol-PP. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: