Berikut 5 Peninggalan Bersejarah di Pulau Sumatera, No. 4 Ada di Lampung Loh

Berikut 5 Peninggalan Bersejarah di Pulau Sumatera, No. 4 Ada di Lampung Loh

Museum Lampung salah satu tempat peninggalan sejarah yang ada di Lampung. Foto Instagram Museum Lampung--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Peninggalan sejarah adalah Peninggalan dari masa lalu yang memiliki nilai sejarah dan masih ada sampai sekarang. Berbagai jenis Peninggalan sejarah yang berbeda tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Peninggalan sejarah merupakan warisan dari generasi lampau, dilestarikan saat ini dan diwariskan untuk kepentingan generasi mendatang.

Peninggalan bersejarah berupa benda-benda berwujud meliputi arca, benteng, makam, monument, candi, prasasti, situs dan lain-lain yang dianggap layak untuk dilestarikan demi masa depan.

Benda karya seni budaya berukuran kecil biasanya akan dikumpulkan di museum & galeri seni. 

BACA JUGA:Segera Daftar! BPJS Ketenagakerjaan Buka Loker untuk Tiga Posisi

Berikut 5 Peninggalan Bersejarah Yang Ada Di Pulau Sumatera.

1. Candi Bahal

Peninggalan Sriwijaya di Sumatera Utara Candi Bahal telah ada selama ribuan tahun yang lalu, Candi ini dibangun sejak abad ke 11. Ada yang menyebutkan candi ini dibangun oleh Raja Hindu Shiva dari Tamil yang memerintah dari India Selatan. Namun, pakar lain mengatakan keberadaan candi ini terkait dengan kerajaan pannai yang merupakan eksitensi kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

2. Benteng Fort de Cock, Bukittinggi

Benteng ini terletak di Kota Bukittinggi. Benteng ini didirikan sejak tahun 1825 oleh Kapten Bauer sewaktu menjadi komandan Der Troepen, sebagai antisipasi terhadap serangan rakyat pada masa Perang Paderi.

3. Monumen Penderitaan Rakyat (Monpera)

Monumen Penderitaan Rakyat yang berlokasi di Jakabaring Palembang Menjadi saksi bisu terjadinya perang lima malam di Palembang dari tanggal 1 hingga 5 Januari 1947. Sampai akhirnya pada tanggal 6 Januari 1947 tercapailah kesepakatan bersama genjatan senjata.

BACA JUGA:Cek Di Sini! Syarat Mutlak untuk Dapat Bansos PKH Anak Sekolah 2023

4. Museum Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: