Iklan Bos Aca Header Detail

Polinela-Kemenko PMK Dorong Peningkatan SDM Berkompeten dan Berkualitas

Polinela-Kemenko PMK Dorong Peningkatan SDM Berkompeten dan Berkualitas

Kuliah umum yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan bersama Polinela, Senin 13 Februari 2023.--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Kemenko PMK) bersama Politeknik Negeri Lampung (Polinela) menggelar kuliah umum, Senin 13 Februari 2023.

Kepala Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Warsito dalam materinya menyampaikan, belum lama ini pemerintah telah membuat peraturan baru mengenai revitalisasi pendidikan vokasi.

Ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 68/2022 tentang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. 

"Jadi, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam memperkenalkan program tersebut kepada para mahasiswa, khususnya mahasiswa Polinela," kata Warsito di GSG Polinela.

BACA JUGA: Polinela Bakal Tambah Kuota Mahasiswa Baru Tahun Ini

Melalui kuliah umum bertema Kebijakan Nasional Bidang Pembangunan manusia dan Kebudayaan ini, mahasiswa diharapkan bisa memahami arah serta kebijakan pemerintah dalam merevitalisasi dan vokasi pendidikan.

Menurut Warsito, pendidikan vokasi ini masih bersifat umum. Masih perlu dukungan dan arah kebijakan apa yang akan dituju.

"Ke depan kita akan melakukan rapat koordinasi bersama, untuk mensinkronkan program ini agar masuk dalam tiga pilar utama, yaitu pendidikan vokasi, pelatihan vokasi, dan dunia industri," papar Warsito.

Sejauh ini, terus Warsito, pemerintah bersama kampus terus berusaha menjawab kebutuhan global, yaitu mendorong SDM vokasi yang unggul. 

BACA JUGA: Tim Dosen Polinela Kembangkan Fudia Marketplace

Karena itu, diharapkan para mahasiswa mengerti arahan tersebut. Dengan begitu,  sejak dini dapat mempersiapkan diri untuk meningkatkan kualitasnya. Baik softskill maupun hardskill.

Hal itu nantinya menjadi penting untuk meningkatkan kebersamaan dalam bekerja.

Tidak hanya itu. Hardskill juga penting sesuai dengan konsentrasi masing-masing kampus, sehingga bisa meningkatkan kemampuan yang selaras dengan industri kerja saat ini. 

Pihak kementerian juga bakal terus berkoordinasi dengan Polinela sebagai kampus vokasi di Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: