PLN Siapkan Listrik Berbasis EBT di Ajang F1 Powerboat Balige

PLN Siapkan Listrik Berbasis EBT di Ajang F1 Powerboat Balige

ILUSTRASI/FOTO PIXABAY.COM--

BALIGE, RADARLAMPUNG.CO.ID - PT PLN (Persero) siap mensuplai listrik andal berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) guna mendukung gelaran internasional kompetisi balap perahu supercepat F1 Powerboat (F1H2O) di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Dalam kegiatan yang berlangsung 24-26 Februari 2023, PLN menyiapkan dua Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) sebagai pemasok utama kelistrikan. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, selama even internasional tersebut berlangsung, PLN bakal mengoperasikan PLTMH Hutaraja dengan kapasitas 2x2,5 megawatt (MW) dan PLTMH Aek Silang 2 berkapasitas 2x5 MW. Dua PLTMH baru ini sekaligus bakal menambah bauran EBT di Sumatera Utara yang mencapai 43,47 persen.

Selain dipasok energi bersih, agar bisa menerapkan skema Zero Down Time (ZDT) dalam even internasional tersebut, PLN akan memperkuat dengan jaringan back up 20 kilo Volt (kV). 

BACA JUGA: Diancam Anaknya Dianulir, Dosen Ini Pakai Uang Pensiun Istri agar Anaknya Lulus Kedokteran

BACA JUGA: Terkait Temuan KPPU, Disperindag Lampung Sebut Minyakita Harus Dijual Sesuai HET Sampai Pengecer

Di mana, PLN melakukan modifikasi jaringan sehingga bakal mempermudah pengaturan distribusi listrik dan menjaga kualitas tegangan yang dikirim ke Balige.

"PLN telah siapkan pasokan kelistrikan dari pembangkit listrik EBT untuk perhelatan ini,” kata Darmawan. 

Langkah tersebut sebagai bukti PLN siap mendukung kegiatan nasional dan internasional melalui pasokan listrik yang andal serta ramah lingkungan.

Di bagian lain, General Manager Unit Induk Distribusi Sumatera Utara Tonny Bellamy menyatakan, pembangunan jaringan utama dan back up sudah selesai dilakukan.  

BACA JUGA: Gubernur Arinal Jadi Calon Tunggal Ketua KONI Periode 2023-2027

BACA JUGA: PNS di Tuba Titip Anak Kuliah di Kedokteran, Beri Rp 150 Juta

Dalam waktu dekat, PLN bakal menggelar simulasi pengamanan kelistrikan sebelum ajang F1H2O dilaksanakan. 

Diharapkan, pengamanan ini bisa berjalan dengan baik. Dengan begitu, jika terjadi gangguan yang tidak diinginkan, bisa cepat diatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: