UTBK-SNBT Tahun 2023 Lebih Banyak Gunakan Penalaran, Yuk Simak Agar Anda Lolos Tes

UTBK-SNBT Tahun 2023  Lebih Banyak Gunakan Penalaran, Yuk Simak Agar Anda Lolos Tes

Foto Tangkap Layar dari YouTube SNPMB BPPP : Sosialisasi Daring Pendaftaran UTBK SNBT 2023, melalui YouTube SNPMB BPPP pada Selasa, 21 Maret 2023.--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID -Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) tahun 2023 segera buka pendaftaran pada Kamis, 23 Maret 2023-14 April 2023 mendatang.

Calon peserta ujian telah  mengikuti webinar sosialisasi daring pendaftaran UTBK-SNBT 2023 yang digelar panitia SNPMB pada melalui YouTube SNPMB BPPP pada Selasa, 21 Maret 2023.

Salah satu pemateri dalam webinar yakni Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof.Dr.Ir.Mochammad Ashari menyampaikan soal UTBK-SNBT mengandalkan penalaran dibandingkan dari sisi akademik atau materi pelajaran yang selama ini dipelajari di bangku sekolah. 

"Bedanya adalah lebih banyak menggunakan logika, penalaran.Ini akan menghasilkan suatu cerminan kemampuan anda untuk melanjutkan ke perkuliahan," kata pada Sosialisi Daring Pendaftaran UTBK SNBT 2023, melalui YouTube SNPMB BPPP pada Selasa, 21 Maret 2023.

BACA JUGA:Simak Alur Penerima Bantuan Dana PIP 2023 untuk Siswa SD, SMP, SMA dan SMK, Yang Dapat Siapa Saja?

Lebih rinci, Prof.Dr.Ir.Mochammad Ashari menjelaskan bahwa tata cara UTBK-SNBT 2023 ini memiliki kemiripan dengan ujian tahun-tahun sebelumnya namun juga ada perbedaannya.

"Untuk tahun ini ada perbedaanya.Sama tes dan ada dua gelombang.Perbedaanya adalah sisi konten, tahun lalu tesnya dua macam. Tahun ini UTBKnya adalah Skolastik dan Beberapa sub lagi yaitu, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan Literasi Matematika,"ucapnya 

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini juga memberikan empat tips UTBK SNBT 2023.Adapun empat tips agar UTBK lancar dari Prof.Ashari antara lain, 

1.Tenang dan Santai 

Untuk menghadapi UTBK itu, harus tenang dan santai sebab, pihaknya yakin semua peserta memiliki kemampuan yang berbeda-beda namun bisa menyelesaikan soal UTBK dengan cepat dan tenang.

BACA JUGA:Tokoh Pemekaran Tubaba 'Absen' Dari Paripurna HUT Provinsi, Herman Artha: Saya Hanya Diundang Kabupaten Induk

2. Jangan Terkecoh dengan informasi bocoran

Jika Ada oknum yang mengklaim mempunyai bocoran soal yang isinya bocoran  tinggal disamakan saja pada saat mengisi ujian itu.Jangan Percaya ! .Karena, soal UTBK itu didesain untuk tampilannya satu orang satu. Peserta yang berbuat curang melihat ke sebelahnya itu (soalnya) tidak akan sama,"pesannya.

3.Jangan Bawa Peralatan Elektronik ke Dalam Ruangan Ujian 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: