Pimpin Rakor Persiapan Hari Raya Idul Fitri, Gubernur Arinal Minta Berbagai Kebutuhan Masyarakat Tercukupi

Pimpin Rakor Persiapan Hari Raya Idul Fitri, Gubernur Arinal Minta Berbagai Kebutuhan Masyarakat Tercukupi

Rapat Koordinasi Persiapan Hari Raya Idul Fitri 1444 H--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memimpin langsung Rapat Koordinasi Persiapan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444H tahun 2023, yang dilaksanakan di Mahan Agung, Bandar Lampung, Senin 3 April 2023.

Gubernur Arinal dalam catatannya meminta pada seluruh stakeholder di Provinsi Lampung mempersiapkan skenario antisipatif menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun 2023 ini agar dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar dan terkendali. 

"Terutama yang perlu diperhatikan soal antusiasme masyarakat saat menyambut lebaran, pasti akan ada peningkatan mobilitas dan kebutuhan. Ini yang jarus di antisipasi," katanya.

Karenanya berbagai hal harus dipersiapkan. Mulai dari kebutuhan pokok masyarakat, pengendalian lalu lintas, peningkatan kebutuhan layanan transportasi dan infrastruktur, posko keamanan dan kesehatan.

BACA JUGA:Ratusan Kader Demokrat Lamsel Geruduk PN Kalianda

"Saya minta semua persoalan mengenai antisipasi kebutuhan masyarakat ini harus disiapkan dengan matang. Dengan demikian kita harapkanperayaan Hari Raya Idul Fitri dapat berjalan dengan tertib, aman, lancar dan terkendali," ujar Gubernur Arinal.

Dia menyebut Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) baik provinsi dan kabupaten/kota bersama perangkat daerah dan instansi terkait terus melakukan upaya pemantauan secara berkala terhadap kecukupan stok barang kebutuhan pokok dan melakukan upaya stabilisasi melalui operasi pasar bekerjasama dengan BULOG, produsen dan distributor bahan pokok.

"Kita harus memastikan juga ketersediaan dan stok energi mulai BBM, Elpiji, listrik, serta melakukan pengawasan keamanan produk pangan yang beredar agar tidak ada yang kadaluarsa dan membahayakan kesehatan," tambah Arinal.

Skenario antisipatif lainnya dalam menghadapi Idulfitri adalah meningkatkan kesiapan sarana dan prasarana yang dapat diakses oleh masyarakat umum, yakni dengan membentuk posko terpadu.

BACA JUGA:Simak, Begini Tahapan dan Jadwal Seleksi Catar STIN Tahun Akademik 2023

Kemudian, optimalisasi pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan serta fasilitas pendukung pada titik strategis lalu lintas, fasilitas Pelayanan Kesehatan 24 jam di posko terpadu.

Kemudian, pengaturan rest area, memastikan dan memantau kesiapan simpul transportasi, serta memastikan kesiapan sarana transportasi.

"Keamanan juga penting. Karenanya saya mengajak seluruh elemen pemerintahan, elemen masyarakat, dan pelaku usaha di semua sektor, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap keamanan lingkungan kita. Peran aktif bersama juga sangat dibutuhkan untuk dapat menekan potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum," katanya.

BACA JUGA:Program Keringanan PKB Jadi Alternatif Sebelum Aturan Penghapusan Data Kendaraan Mati STNK+2 Tahun Diterapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: